Pengaruh Dan Manfaat Mendengarkan Musik

GayaKeren.id – Musik disebut sebagai bahasa yang universal. Semua orang pasti menyukai musik. Tentu dengan selera musik yang berbeda-beda. Mendengarkan musik dianggap sebagai aktivitas yang menyenangkan.

Anda bisa mendengarkan musik seraya melakukan berbagai aktivitas. Misal, berolahraga, mengemudikan mobil, membersihkan rumah hingga memasak. Sepertinya jika ditemani musik favorit, semua kegiatan yang Anda lakukan akan lebih menyenangkan.

Jenis musik

Mendengarkan musik bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Atau sebaliknya, musik juga bisa membuat Anda menangis. Tentu saja jika Anda mendengarkan musik yang membangkitkan nostalgia.

Bahkan ketika mendengarkan musik sedih dapat membuat Anda merasa damai. Pemilhan jenis musik yang didengarkan memang memengaruhi suasana hati Anda. Misal, musik berirama blues dapat membantu mengatasi rasa cemas dan memperlambat denyut jantung.

Kalau Anda sedang dipenuhi rasa emosi, dengarkan musik reggae Ini akan membantu Anda lebih rileks. Agar tidak keliru pilih jenis musik sesuai suasana hati, ada baiknya kenali jenis musik yang dapat mempengaruhi emosi Anda.

Mendengarkan musik juga dipercaya bisa menghalau depresi. Dilansir dari Huffington Post, penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik, setidaknya musik dengan tempo lambat dan nada rendah, tanpa lirik atau instrumentasi keras ternyata bisa menenangkan orang, bahkan selama peristiwa yang sangat menegangkan atau menyakitkan.

Manfaat mendengarkan musik

Musik tidak hanya bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan jiwa. Dilansir Lifehack mendengarkan musik memberikan keuntungan yang beragam bagi Anda.

  1. Tidur nyenyak

Untuk Anda yang memiliki masalah insomnia, cara yang paling mudah untuk menyembuhkan adalah dengan mendengarkan musik. Musik yang menenangkan pikiran dan dan jiwa bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.

  1. Mengembalikan ingatan yang hilang

Musik dapat membantu orang mengingat lagu dan mengembalikan ingatan yang berkaitan dengan lagu tersebut. Karena bagian otak yang berfungsi memproses musik bersebelahan dengan memori di otak. Terapi musik dipakai untuk para penderita alzheimer.

  1. Mengendalikan nafsu makan

Fakta menarik, ternyata makan sambil mendengarkan musik dapat membantu memperlambat gerakan makan. Ini tentu bisa Anda jadikan sebagai cara alami untuk menurunkan berat badan.

  1. Membuat pasien rileks sebelum operasi

Seringkali pasien merasa takut dan stres ketika akan sedang menunggu untuk dioperasi. Tapi saat mendengarkan musik, pasien dapat mengalihkan dan memenangkan pikiran.

  1. Mengendalikan emosi saat mengemudi

Mendengarkan musik sambil mengemudi merupakan hal lazim dan sering dilakukan kebanyakan orang. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Musik ternyata dapat membuat pengemudi tidak mengantuk dan suasana hati lebih menyenangkan.

  1. Meredakan nyeri

Musik bekerja pada sistem saraf otomatis dan dapat meringankan rasa sakit kronis serta rasa sakit pasca operasi. Bahkan, terapi musik kini digunakan di rumah sakit sebagai pengganti obat penghilang rasa sakit saat melahirkan, anestesi dan pasca-operasi.

  1. Baik untuk perkembangan fisik dan mental janin

Ibu hamil disarankan untuk mendengarkan musik. Sebab, janin yang selalu diperdengarkan musik sejak dalam kandungan memiliki perkembangan fisik dan mental yang lebih positif setelah lahir. Selain itu, mereka akan memiliki kecerdasan motorik, intelektual dan linguistik yang lebih baik.

  1. Meningkatkan kemampuan visual, verbal dan kecerdasan

Pendidikan musik yang diberikan kepada anak-anak pada usia dini dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak, keterampilan visual dan verbal anak. Untuk meningkatkan kecerdasan IQ seseorang, bermain musik menjadi cara terbaik.

  1. Menyehatkan otak

Tetaplah medengarkan musik hingga Anda berusia senja. Karena mendengarkan musik pada usia senja dapat membantu dalam mempertahankan kesehatan otak serta mencegah penuaan otak atau kepikunan.

  1. Meningkatkan suasana hati

Mendengarkan musik mampu membuat otak Anda melepaskan dopamine, suatu bahan kimia yang berguna untuk membangkitkan suasana hati Anda dengan cepat.

Jadi, tidak ada keraguan bahwa mendengarkan musik favorit Anda langsung dapat membuat suasana hati lebih positif.

Please follow and like us:

Leave a Reply