Tampil Polos Tanpa Makeup? Wajib Perhatikan Hal ini

GayaKeren.id – Tampil tanpa makeup memang memiliki keuntungan tersendiri. Selain terlihat alami, wajah juga terasa ringan. Hanya saja, tampil tanpa riasan bukan berarti tidak memakai apapun di wajah. Alih-alih menjadi sehat, justru wajah menjadi rusak bahkan terbakar.  Memakai riasan wajah memang menjadi salah satu kebutuhan para wanita. Tetapi sebagian wanita memilih sebaliknya. Mereka lebih nyaman dengan wajah tanpa polesan.

Coba simak hal-hal yang harus diperhatikan sebelum tampil tanpa riasan, seperti dilansir Gurl.

1. Cuci muka

Tampil tanpa riasan bukan berarti kita boleh tidak mencuci muka. Walau tidak ada sisa riasan tetapi debu dan kotoran menempel di wajah. Jadi basuhlah wajah paling tidak dua kali sehari dengan pembersih yang cocok untuk kulit wajah.

2. Gunakan pelembap dengan SPF

Pelembap sangat penting. Walau memutuskan tidak menggunakan makeup, Anda tetap harus menggunakan pelembap, terutama yang dapat menutrisi wajah dan membantu Anda terhindar dari kulit kering dan kasar. Sebaiknya gunakan pelembap dengan SPF agar kulit juga terlindungi dari sengatan sinar matahari yang dapat membuat kulit menjadi gelap bahkan terbakar.

3. Masker

Walau wajah sudah tidak memakai riasan, tak ada salahnya jika Anda tetap menggunakan masker paling tidak dua minggu sekali. Masker merupakan nutrisi tambahan yang dibutuhkan kulit. Saat ini banyak masker yang dijual bebas dan dapat dipilih sesuai dengan karakter kulit. Namun jika tidak ingin menggunakan produk komersial, Anda dapat membuat masker sendiri dari bahan-bahan alami seperti mentimun, bengkoang, atau kentang.

4. Lakukan pengelupasan

Sel-sel kulit mati yang tidak terangkat dapat membuat masalah pada wajah, seperti komedo atau jerawat. Oleh karenanya, pengelupasan itu sangat penting karena berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Secara umum, produk pengelupas yang banyak dijual di toko bisa digunakan atau Anda juga bisa menggunakan pembersih wajah yang memilki scrub di dalamnya. Scrub yang berpasir akan membantu mengangkat debu dan sisa sel-sel kulit mati yang ada di wajah. Gunakan pengelupas paling tidak selama seminggu sekali agar tidak ada sel-sel kulit mati yang mengendap di kulit wajah.

5. Gunakan balsam bibir

Bibir yang terlihat pucat dan pecah-pecah bukan pertanda baik. Bibir juga harus dijaga kesehatannya. Walau tidak menggunakan lipstik, Anda harus tetap menggunakan balsam bibir agar bibir sehat dan lembap.

6. Jangan menyentuh wajah

Tak terhitung banyaknya dalam sehari tangan menyentuh benda. Otomatis tangan menjadi perlu dipertanyakan kebersihannya.  Jadi, usahakan jangan menyentuh wajah dengan tangan yang habis menyentuh benda karena dapat mentransfer debu dan kotoran ke wajah.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply