Tempe Tahu Bacem Jogja yang Melegenda

GayaKeren.id – Kota Jogja merupakan satu destinasi wisata paling diminati oleh banyak orang. Mulai dari wisatawan lokal maupun turis asing. Selain menawarkan pesona keindahan dan romantismenya, Kota Pelajar ini juga dikenal dengan khazanah kulinernya yang lezat dan menggugah selera. Menyebut kuliner Jogja, benak kita akan tertuju pada gudeg. Padahal, di Jogja sendiri banyak sajian lezat yang wajib dicoba bagi pemburu rasa.

Di antaranya adalah tempe tahu bacem yang gurih. Paduan rasa manis-gurihnya yang lezat menjadikan jajanan ini favorit siapa saja yang ingin memanjakan lidahnya. Bagaimana kuliner ini menjadi favorit dan begitu digemari masyarakat? Berikut rahasianya.

  1. Rasanya yang Lezat dan Menggugah Selera

Paduan rasa manis, gurih, dan legit di setiap gigitannya membuat tempe bacem Jogja begitu istimewa. Rasa ini tercipta karena adanya teknik memasak tradisional mem-bacem khas Jogja yang dijaga dari dulu hingga sekarang. Bacem sendiri merupakan teknik mengolah bumbu-bumbu rempah yang dimasak jadi satu kemudian direndam dengan air kelapa. Pantas saja, jika rasa lezat tempe tahu bacem ini digemari banyak orang termasuk mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

2, Dengan Tempe Tahu Bacem Kita Juga Melestarikan Warisan Kuliner Nusantara Favorit Para Raja Jogja

Tempe tahu bacem ternyata menjadi kuliner khas Keraton, lho. Biasanya disajikan bersama nasi kuning dalam berbagai acara seperti selamatan yang menyajikan berbagai ragam masakan khas kultur Jawa. Tempe tahu bacem juga merupakan salah satu menu hidangan keluarga Sri Sultan Hamengku Buwono X. Konon, tempe bacem merupakan pelengkap dalam menjaga keseimbangan menu di istana yang memiliki makna tersendiri sejak dulu kala. Oleh karena itu, dengan tempe bacem kita juga menjaga dan melestarikan kuliner Nusantara.

  1. Memiliki Kandungan Gizi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Selain rasanya yang lezat , tempe tahu bacem juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Tahu dan tempe mengandung banyak kandungan protein tinggi. Selain itu tahu memiliki kandungan lemak yang sedikit. Kedua bahan baku yang terbuat dari kedelai ini juga diperkaya dengan zat lain seperti kalsium, zat besi, magnesium dan kalium. Ditambah lagi kaya vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Menjadi Sajian Istimewa Saat Berkumpul Bersama Kawan dan Keluarga

Berkumpul bersama kawan atau keluarga kurang lengkap rasanya jika tak ada sajian istimewa. Salah satu sajian yang pas untuk pelengkap dan menambah kehangatan suasana adalah tempe tahu bacem ini. Apalagi kalau disajikan bersama nasi putih yang masih panas, dijamin momen berkumpul bersama kawan atau keluarga jadi makin istimewa dengan santapan favorit para raja yang melegenda.

  1. Lebih Praktis dan Ekonomis

Alasan lain mengapa tempe tahu bacem Jogja begitu digemari karena dinilai lebih praktis dan ekonomis. Menurut salah satu pengamat kuliner, Odilia Winneke menyebutkan bahwa bumbu bacem hanya menggunakan sedikit rempah yakni ketumbar. Walaupun sedikit rasanya membuat tempe tahu bacem menjadi sungguh lezat. Harga ketumbar di pasaran pun juga cukup terjangkau oleh semua kalangan sehingga tempe tahu bacem bisa dibuat oleh siapa saja dan dimana saja.

  1. Bahan Baku dan Resep Bumbu yang Mudah Didapat

Walaupun hanya menggunakan ketumbar, tempe tahu bacem juga terdapat bumbu rahasia lain di balik kelezatannya. Bahan baku jelas, tempe, dan tahu. Sementara untuk bumbunya yang perlu disiapkan di antaranya bawang merah iris, gula merah, garam, santan kelapa, dan minyak untuk menggoreng. Tak lupa agar makin terasa lezatnya nih, tambahkan Bango Bumbu Bacem saat memasaknya.

  1. Cara Memasaknya yang Mudah

Nah, untuk cara memasaknya begini caranya. Simpel dan sederhana serta bisa dipraktekkan siapa saja. Pertama, campur santan, bawang merah, gula merah, garam dan Bango Bumbu Bacem. Kemudian aduk rata, lalu masukkan tempe dan tahu yang sudah dipotong-potong. Setelah itu rebus sampai matang dan bumbu benar-benar meresap. Ingat, dalam memasak atau merebus bahan gunakan api kecil dan teknik memasak slow cooking. Berikutnya, goreng dengan menggunakan minyak goreng yang sudah dipanaskan, hingga warnanya kecoklatan.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply