GayaKeren.id – Sebuah penelitian mengungkapkan, berjerawat ketika remaja dapat menunda penuaan. Namun bagaimana jika jerawat membandel terus tumbuh di wajah dan beberapa bagian tubuh? Mengganggu? Bisa jadi.

Berbagai cara pun dilakukan untuk membuat wajah mulus kembali.

Beberapa orang kerap mengunjungi dokter kulit setiap kali jerawat datang. Ada pula yang mengoles obat di tempat tumbuhnya jerawat. Tak lupa diet sehat dan mengonsumsi beberapa obat untuk mengatasi jerawat.

Tapi tahukah Anda jika ada cara yang lebih mudah dan murah untuk hilangkan jerawat? Ya, bumbu-bumbu dapur juga bisa digunakan untuk membuat kulit bebas dari jerawat.

Kunyit

Kunyit dikenal sebagai pewarna alami pada beberapa jenis makanan. Karenanya banyak orang yang merasa keberatan untuk memoles wajahnya dengan masker kunyit.

Padahal, Mind Body Green melansir, kunyit kaya akan senyawa antioksidan, antiinflamasi serta antibakteri. Antioksidan yang terkandung dalam kunyit bahkan lima kali lebih kuat ketimbang vitamin C dan E.

Bagi Anda yang mengalami jerawat meradang, menggunakan kunyit dapat membuat rasa panas dan gatal dari jerawat berangsur menghilang.

Rempah yang sedang mengetren untuk bahan makanan dan minuman kekinian ini juga dapat mengurangi zat melanin pada kulit. Pemakaiannya dapat membantu menyamarkan bekas jerawat yang menghitam.

Kayu manis

Rempah berbentuk kulit kayu dengan aroma yang harum ini juga memiliki antiinflamasi, mirip dengan kunyit. Selain itu, kayu manis juga memiliki antiseptik.

Uniknya, ketika Anda memulaskan kayu manis ke kulit ia akan melancarkan peredaran darah serta oksigen dan nutrisi lainnya. Darah juga akan langsung mengalir memenuhi kulit di bawah lapisan teratas. Hal ini akan membuat kulit tampak kemerahan.

Meskipun narablog video Michele Phan pernah memanfaatkannya untuk membuat bibir tampak lebih penuh, namun sebaiknya penggunaan langsung pada kulit dihindari. Jika perlu, Anda dapat menggunakan air atau madu sebagai campuran.

Pala

Selain baik untuk meredakan peradangan pada jerawat, pala juga bisa digunakan untuk mengatasi ringworm dan eczema.

Pemakaian teratur pada kulit juga bisa membantu menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat yang membuat warna kulit tak merata. Hanya saja hasilnya sedikit lebih lama ketimbang pemakaian obat pemutih.

Untuk membuat masker antijerawat, Anda dapat mencampur semua bahan. Gunakan hanya sedikit bubuk kayu manis lalu aduk dengan madu. Oleskan ramuan ini tipis-tipis pada permukaan kulit dan biarkan 10 hingga 15 menit lalu bilas bersih dengan air.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *