Ojek Online Menaikkan Gairah Industri Motor

Foto : Ojek Online // source : google.com

GayaKeren.id – Beberapa tahun belakangan, transportasi di Indonesia diramaikan oleh kehadiran ojek online. Dengan ojek online, konsumen hanya tinggal menunggu dan memesan ojek melalui sebuah aplikasi berbasis online.

Kehadiran ojek online tersebut disambut baik industri sepeda motor karena bisa membantu menaikkan penjualan sepeda motor yang sedang turun di tahun 2016 kemarin.

Mobilitas yang tinggi dari masyarakat pengguna ojek online, mampu menaikkan kesejahteraan dengan sebuah produktifitas baru.  Penghasilan produktifitas baru inilah poin peningkatan kesejahteraan karena makainya tetap, yaitu menggunakan motor sebagai aktivitas, disamping peluang komersil tambahan penghasilan.

Dengan begitu bukan industri sepeda motor saja yang mengalami peningkatan, tapi juga bisa meningkatkan kesejahteraan si pengemudi ojek tersebut. Jadi tidak digantikan. Yang naik motor tetap naik motor, nggak naik ojek, kalau naik umum dan multi point itu tidak naik ojek. Dalam point itu tidak ada saling mematikan.

Tren penggunaan ojek online ini tak lepas dari suatu gaya hidup masyarakat urban modern.

Hal ini diikuti  juga dengan pilihan terhadap model motor bebek (underbone) karena dianggap lebih sederhana, praktis, mudah dijalankan, dan dapat dikendarai oleh bapak, ibu, anak, –laki-laki maupun perempuan. Apalagi model-model sepeda motor sekarang lebih mudah dan modern, karena dilengkapi dengan ‘electric starter’ sehingga tinggal pencet tombil start, mesin pun sudah hidup. Transmisi jenis motor bebek ini dulu 3 speed, sekarang menjadi 4 speed dan kopling yang tinggal injak kaki, sehingga lebih praktis.

Dengan kondisi itu semua, tidak heran kalau penjualan sepeda motor dari tahun ke tahun semakin meningkat. Kalau dilihat menurut sebaran sepeda motor di Indonesia, tampaknya konsumen membeli sepeda motor karena pertimbangan praktis mudah dikendarai di jalanan.

Dengan prospek pasar yang masih besar dan kemajuan teknologi dengan aplikasi berbasis online, kemungkinan perkembangan itu semakin pesat.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply