Yanus Putrada, Memulai Usaha dari Hobi

foto : GayaKeren.id

GayaKeren.id. Yanus Putrada, pemuda berusia 25 tahun ini menjadi sosok yang patut di teladani oleh banyak anak muda. Dalam usia yang relatif masih muda, Yanus telah mampu memanfaatkan hobi menjadi sebuah usaha yang bisa menghasilkan rupiah.

Seperti kebanyakan anak-anak lainnya, masa kanak-kanak Yanus juga di penuhi banyak banyak angan-angan. Ia sempat ingin menjadi tukang pengisi bensin hanya karena Yanus menyukai aromanya.
Seiring berjalannya waktu Yanus mulai menemukan sesuatu yang di sukainya yang akhirnya di akui Yanus sebagai passion yang ada di dirinya yaitu memotong rambut. Hobi barunya tersebut mulai tumbuh saat ia memasuki usia remaja.

Pada awalnya hobi memotong rambut hanyalah sekedar hobi, bahkan tak pernah ada dalam benanknya bahwa hobi tersebut kelak akan membuatnya menjadi seorang barber yang jasanya banyak di minati banyak orang bahkan para artis terkenal.

Perjalanan menjadi seorang barber di mulai saat ia harus menelan pil pahit kehidupan yang membuatnya harus berhenti sementara untuk mengenyam pendidikan di bangku kuliah karena orang tua tak mampu lagi membiayai uang kuliahnya.

Situasi tersebut membuatnya harus berpikir keras bagaimana caranya ia bisa mendapatkan penghasilan hingga pada akhirnya kesempatan itu datang dari seorang teman yang menawarkan pekerjaan menjadi kasir di salon.

Walau sempat ragu, Yanus memutuskan untuk menerima perkerjaan tersebut dan menggunakan kesempatan itu untuk sedikit belajar bagaimana memotong rambut dengan metode yang benar. Dengang sedikit ‘memaksa’ pemilik salon ,Yanus akhirnya di ijinkan untuk belajar.

Dengan alasan tak memiliki jenjang karir yang jelas di salon, Yanus memutuskan keluar dan menerima pekerjaan sebagai penyiar dan MC. Namun disinilah Yanus menemukan titik balik. Orang tuanya menyarankan untuk terus melatih hobinya dalam memotong rambut, “Ibu bilang sayang jika tak diteruskan,” ujar Yanus mengenang perkataan ibunya.

Perkataan sang ibulah yang membuat Yanus meneruskan hobinya, memtong rambut teman-temannya dan mendapatkan bayaran pertamanya, “Saya mendapatkan bayaran pertama sebesar lima puluh ribu dari teman yang saya potong rambutnya,” tutur Yanus sambil tersenyum. Dan itulah moment di mana Yanus mulai sadar bahwa hobinya ternyata bisa menghasilkan uang.

Sambil bekerja dan dan melanjutkan kuliah, Yanus menerima order potong rambut yang terus berdatangan, sampai akhirnya ia memutuskan untuk membuka sebuah Barber dan mengoperasikannya saat ia selesai bekerja dan kuliah, “Saya biasa motong rambut sampai jam 2 pagi,” jelas Yanus.

Tahun 2016 lalu Yanus memutuskan pindah ke Jakarta dan memulai karir sebagai seorang barber profesional dan keputusannya tersebut ternyata membuahkan hasil yang gemilang. Saat ini Yanus memiliki banyak pelanggan bahkan dari kalangan artis top Jakarta seperti Tarra Budiman, Farhan, Ryan Dellon, Vidi Aldiano dan artis lainnya.

Walau telah meraih kesuksesan dan ketenaran seperti yang ia raih saat ini, sisi religius dan humanis Yanus yang di ajarkan kedua orangtuanya tetap melekat erat di kehidupannya. Menurut Yanus apa yang telah ia raih dan rasakan saat ini merupakan kehendak Tuhan, “Saya tak mungkin jadi apa-apa jika Tuhan tidak menghendaki,” tutur Yanus yang mengaku selalu berdoa sebelum melakukan pekerjaaanya.

Sisi humanis Yanus juga terlihat saat ia dengan senang hati menyumbangkan keahliannya memotong rambut belasan warga penghuni Liponsos yang didominasi gelandangan dan gangguan jiwa. Ada cerita Menarik saat ia hendak memotong rambut seorang penghuni Liponsos, “Kendalanya beberapa rambutnya agak keras, jadi alat cukurnya sempat nggak kuat motong. Untung saya bawa alat lainnya,” katanya dengan tawa.

Yanus mengaku tidak akan menghentikan langkahnya untuk berbuat kebaikan terhadap sesama, dengan cara, melakukan apa yang dia bisa agar berguna bagi sesama. “Pasti, saya akan terus melanjutkan kegiatan sosial ini. Karena ini juga terinspirasi dari ibu saya, yang menyuruh saya tetap terus melakukan kebaikan,” ujar pria kelahiran Samarinda ini.

Yanus juga berpesan kepada anak-anak muda yang yang hingga kini masih ragu dengan dunia yang akan gelutinya, “lakukanlah dengan hati, dengarkan hati, bekerja keras dan patang menyerah adalah kunci kesuksesan,” pesan Yanus

“Tapi kalau mau potong rambut bisa bikin appointment dulu, bisa follow Instagram di @YanusPutrada” ujarnya berpromosi.

 

 

Please follow and like us:

Leave a Reply