Plus Minus Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

GayaKeren.id – Hingga kini mewarnai rambut (hair coloring) selalu menjadi aktivitas yang seringkali di lakukan, baik untuk wanita maupun pria. Selain untuk menutup uban, pewarnaan juga kerap dilakukan sebagai kebutuhan untuk acara-acara tertentu seperti fashion dan moment-moment lainnya.

Bagi sebagian orang aktivitas mewarnai rambut adalah hal biasa yang bisa di lakukan sendiri di rumah, namun bagi sebagian lainnya aktivitas ini merupakan hal penting yang memerlukan bantuan dari ahli di bidangnya.

Diana Hadisuwarno, Education Manager Rudy Hadisuwarno Academy menuturkan, bahwa mewarnai rambut sendiri di rumah memang dapat di lakukan sepanjang pewarnaan tersebut hanya untuk keperluan menutup uban dengan warna-warna yang aman dan mudah untuk di aplikasikan.

“Tapi untuk keperluan lainnya seperti fashion atau untuk event-event lainnya, saya rasa harus menggunakan jasa seorang ahli, karena akan sulit untuk mendapatkan warna yang dikehendaki jika mewarnai rambut sendiri di rumah, apalagi untuk jenis-jenis perwanaan kombinasi seperti Highlights, Lowlights, atau Ombre,” jelas Diana.


Lebih jauh Diana menjelaskan bahwa untuk mengaplikasikan warna-warna rambut kombinasi seperti ombre, Highlights atau Lowlights memerlukan proses yang panjang dan cukup sulit, apalagi jika sebelumnya rambut yang bersangkutan sudah sering menggunakan pewarna rambut permanen, “rambut yang seperti itu akan memerlukan proses penipisan warna, kita menyebutnya proses cleanser atau bleaching dan proses ini memerlukan seorang ahli,” tambah Diana.

Masih menurut Diana, tak banyak nilai plus yang didapat dari mewarnai sendiri rambut di rumah, “Plusnya mungkin dari segi biaya yang relatif lebih murah, karena banyak produk retail yang bisa di dapat di toko dengan harga yang terjangkau, tapi minusnya banyak sekali,” ujar Diana.

Di Jelaskan Diana banyak sekali resiko yang harus di hadapi jika berniat mewarnai rambut sendiri dirumah, salah satu resiko paling fatal adalah kerusakan rambut dan kulit kepala, “belum lagi kegagalan mendapatkan hasil yang maksimal, biasanya warna yang di hasilkan tidak merata, ada yang tebal ada yang tipis,” jelas Diana lagi

Namun demikian, Diana tak sepenuhnya melarang penggunaan pewarna rambut sendiri di rumah, menurutnya yang terpenting si pengguna yakin akan hasil yang dicapai dari perwarnaan tersebut, “yang tak kalah penting selalu gunakan produk yang tersertifikasi, jangan cuma melihat harganya yang murah, perhatikan juga kandungan bahan yang ada didalamnya dan cara penggunaannya,” ujar Diana mengingatkan.

Please follow and like us:

Leave a Reply