Pria Pangkas Rambut, Ke Salon Atau Barbershop?

Bingung menemukan tempat potong rambut yang tepat? Ketahui dulu perbedaannya antara tempat-tempat yang menyediakan berbagai layanan cukur rambut seperti barbershop atau salon sehingga Anda dapat memilih tempat yang tepat.

GayaKeren.id – Kata salon selama bertahun-tahun lebih familiar ketimbang barbershop. Dan lazimnya, kata salon tersebut biasanya identik dengan tempat perawatan wanita, baik dari potong rambut hingga melakukan ragam treatment kecantikan. Meski demikian, sebenarnya ada pula salon yang menyediakan layanan baik untuk pria dan wanita sehingga tempat ini juga tak jarang dipilih pria untuk melakukan gunting rambut ataupun perawatan lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, muncul istilah barbershop yang kemudian menjadi happening sebagai destinasi pangkas rambut modern bagi pria. Barbershop muncul dengan konsep yang rapi, bersih dan memberikan pelayanan yang berbeda dari tempat pangkas rambut pria pada umumnya. Lantas, apa perbedaan di antara salon dan barbershop tersebut? Yuk, ketahui perbedaannya dalam ulasan berikut.

Salon pria

Salon ini biasanya dirancang khusus untuk melayani pelanggan pria dengan berbagai treatment mulai dari potong rambut, styling, shaving dan berbagai perawatan lainnya. Sebaiknya, Anda memilih salon berdasarkan layanan yang Anda butuhkan serta reputasi dari salon atau service stylist yang diberikan.

Salon wanita

Salon ini tentunya dikhususkan untuk wanita. Namun, ada juga salon yang menawarkan layanan pemotongan rambut untuk pria walau tidak semua salon wanita memberikan layanan tersebut. Meski demikian, Anda tak akan menemukan layanan khusus seperti yang biasa ditemukan di salon pria. Biasanya, salon ini akan menolak jika Anda meminta untuk perawatan manicure atau pedicure.

Barbershop

Anda mungkin pernah mendengar cerita tentang ayah atau kakek Anda yang pergi ke barbershop untuk bercukur atau merapikan rambut. Meskipun masih berdiri beberapa tempat konvensional yang menawarkan jasa potong rambut tetapi layanan barbershop yang ada saat ini sangat berbeda dengan beberapa tahun lalu. Para pekerja di barbershop saat ini memang dilatih untuk memiliki kemampuan memotong rambut pria yang lebih pendek atau potongan rambut pria yang konvensional seperti flattop, buzz cut dan sebagainya. Selain itu, barbershop saat ini juga menyediakan jasa shaving sebagai bagian dari service mereka. Tetapi mereka tidak menyediakan jasa facial, perawatan kulit atau spa seperti ada di kebanyakan salon wanita atau salon khusus pria dan wanita

Lalu, apa pilihan tempat terbaik memotong rambut bagi pria?

Pilihannya ialah pikirkan apa yang Anda inginkan dan apa pula yang Anda harapkan dari service yang diberikan? Apakah Anda ingin mencari service tambahan di luar potongan rambut basic atau Anda ingin dipotong rambutnya dengan lebih rapi atau dengan model militer misalnya? Ataukah Anda ingin pergi ke salon  yang melayani perawatan pria dan wanita dimana Anda bisa melakukan treatment lainnya selain mencukur rambut. Tentu semuanya bagian dari pilihan yang Anda tentukan.

Terpenting, layanan utama dari pria saat datang ke salon ataupun barbershop ialah mencukur rambut. Namun seiring dengan kebutuhan dan perkembangan bisnis di industri tata rambut mendorong para pelaku bisnis di bidang ini mengakomodir kebutuhan pelanggannya dengan sederet layanan perawatan dan relaksasi lainnya. Tak hanya itu, gaya rambut yang diberikan pun semakin trendi.

Karenanya, pikirkan baik-baik sebelum memilih destinasi untuk memangkas rambut Anda. Cara terbaik agar tidak salah memilih ialah pertimbangkan reputasi tempat cukur rambut dari obrolan mulut ke mulut yang beredar. Konsultasikan dengan rekan Anda, teman atau anggota keluarga yang sudah pernah pergi ke tempat tersebut dan bagaimana kesan mereka dengan service yang diberikan. Hal ini bisa menjadi referensi bagi Anda dalam menentukan tempat yang akan dipilih. Selamat mencoba. (Berbagai sumber)

 

Please follow and like us:

Leave a Reply