Perawatan Rambut Dengan Bumbu Dapur

GayaKeren.id – Menyimpan beberapa bumbu dapur sangat disarankan, sekalipun Anda tak suka masak. Selain menyedapkan masakan, bumbu dapur juga berguna untuk merawat rambut.

Rambut seindah bintang iklan sampo mungkin jadi salah satu alasan para perempuan tak pernah setop mencoba beragam cara untuk mempercantik mahkotanya.

Memperindah rambut bisa dilakukan dengan banyak cara dan alat bantu. Namun dengan bahan alami, Anda tak perlu bersusah payah mencarinya. Silakan melongok ke rak bumbu di dapur.

Garam

Garam dikenal dapat membuat rambut menjadi kering. Itulah sebabnya Anda disarankan memakai pelembap rambut ketika berenang di laut.

Namun sebenarnya dalam jumlah yang tidak berlebihan, garam justru baik untuk perawatan rambut. Dilansir Women Health, garam dapat mengurangi minyak berlebih yang menyebabkan ketombe di kulit kepala.

Caranya, cukup bubuhkan 2 sendok makan garam ke kulit kepala. Gosok perlahan seperti gerakan ketika Anda keramas. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air dan keramas dengan sampo serta conditioner seperti biasa.

Bubuk cabai

Stylecraze mengabarkan, bubuk cabai mengandung kapkaisin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Baik untuk menebalkan rambut yang tipis serta mencegah kebotakan.

Caranya, campurkan 1 sendok teh bubuk cabai dengan 2 sendok teh minyak zaitun. Oleksan ke bagian rambut yang menipis, lalu diamkan sekitar 10 menit, bilas dengan air dingin hingga bersih. Anda dapat melakukan perawatan ini satu bulan sekali secara rutin.

Bubuk cabai atau cayenne pepper yang dapat digunakan untuk merawat rambut bukan yang mengandung garam dan penyedap rasa.

Rosemary

Rosemary merupakan tanaman yang tahan hama dan penyakit. Rosemary kering biasanya digunakan sebagai teh atau bahan masakan. Ayam panggang rosemary adalah salah satu yang terkenal.

Selain untuk masak, dilansir My Health Tips, sejak zaman dahulu rosemary juga dipercaya dapat membantu pertumbuhan rambut. Selain itu, rosemary juga dapat membantu memperlambat tumbuhnya uban.

Caranya, campurkan rosemary dengan minyak zaitun untuk hasil terbaik. Usapkan ke kulit kepala lalu bilas hingga bersih.

Bawang putih

Sama seperti bubuk cabai dan rosemary, bawang putih juga berguna untuk mengatasi kebotakan. Bawang putih dapat melancarkan peredaran darah di kulit kepala sehingga merangsang tumbuhnya rambut baru.

Caranya, rebus 2 siung bawang putih lalu tumbuk hingga lembut. Campurkan bawang putih dengan minyak kelapa yang baik untuk pertumbuhan dan kelembapan rambut. Usapkan ke akar dan kulit kepala. Ulangi proses ini 3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

Basil

Daun basil kaya akan magnesium untuk menguatkan tulang dan rambut. Ketika diaplikasikan ke rambut, daun yang masih satu keluarga dengan kemangi ini berfungsi sebagai antiradang, menguatkan dan mencegah rambut dari kerusakan.

Caranya, aplikasikan daun basil yang telah diremas-remas langsung ke kulit kepala yang bersih, kemudian bilas. Lakukan utin 2 kali dalam sepekan agar maksimal. Aroma yang dihasilkan basil juga dapat meningkatkan ketajaman daya ingat.

“Memperindah rambut bisa dilakukan dengan banyak cara dan alat bantu. Namun dengan bahan alami, Anda tak perlu bersusah payah mencarinya”.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply