Tips Mencegah Flu Saat Cuaca Panas

Foto : GayaKeren.id

GayaKeren.id – Penyakit flu seperti demam, pilek dan batuk memang identik sebagai penyakit musim hujan yang menyerang saat cuaca dingin. Namun sebenarnya, virus dan bakteri juga tidak mati dan masih bertahan saat cuaca yang panas.

Bagi orang yang memiliki ketahanan tubuh yang lemah, virus dan bakteri tersebut bisa menyerang kapan saja dan beberapa orang tidak bisa melawan infeksi tersebut. Melansir dari laman Share Care, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari virus-virus tersebut seperti yang dianjurkan oleh ahli nutrisi dan diet Ashley Koff, RD, berikut ini:

  1. Vitamin D

Asupan vitamin D sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Vitamin D juga berperan sebagai antibiotik alami sehingga pastikan mendapat asupan vitamin D yang cukup untuk terhindar dari flu saat cuaca panas. Vitamin D ini bisa didapat dari susu.

  1. Jamur

Mengkonsumsi jamur juga baik untuk menghindari terkena flu di cuaca panas. Salah satu jamur yang baik adalah jamur shitake. Pilih yang kualitasnya baik dan konsumsi setiap hari.

  1. Buat piring berwarna

Pilih sayuran dan buah dengan warna-warna cerah seperti jeruk, tomat, brokoli, blueberrie, dan lainnya untuk mendapat vitamin yang dibutuhkan. Jika bisa pilih sayuran dan buah yang organik agar lebih sehat.

  1. Basa

Buat saluran pencernaan menjadi basa dengan menggunakan lemon atau jeruk nipis. Selain itu konsumsi lebih banyak protein nabati yang didapat dari sayuran dan jauhi gula. Dengan melakukan hal-hal ini akan membantu bakteri baik melawan bakteri jahat yang ada dalam tubuh.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply