Bagi Penderita Maag, Hindari ini Saat Puasa

Foto : google.com

GayaKeren.id – PUASA tak akan membuat maag kambuh jika Anda tetap menjaga pola makan dengan tepat. Ada hal yang harus Anda perhatikan agar tak menggagalkan niat puasa yang datang sebentar lagi.

Diingatkan untuk semua penderita maag agar bisa menghindari hal-hal yang mengganggu kondisinya, ketika buka dan sahur.

Simak ulasannya berikut ini yang dirangkum GayaKeren.id :

Saat Sahur

– Hindari makanan tinggi lemak, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ini dapat memicu kembung dan nyeri ulu hati saat sahur.

– Makanlah porsi makan secukupnya sesuai kebutuhan. Jika Anda makan banyak dapat menyebabkan akumulasi lemak dalam sistem pencernaan.

– Pilihan makanan yang mengandung karbohidrat yang baik. Seperti karbohidrat kompleks seperti kacang-kacangan, kentang, gandum dan beras merah.

– Konsumsilah makanan tinggi serat. Makanan ini dicernanya lebih lambat dan menjadikan puasa lancar.

– Hindari minuman berkafein, karena minuman berkafein dapat memicu gangguan lambung. Jangan minum kopi teh pekat atau minuman cokelat hangat saat sahur.

– Hindari makanan yang diproses atau makanan junk food. Makanan ini sulit dicerna usus dan akan mengganggu kesehatan Anda.

– Jangan langsung tidur usia sahur. Lebih baik beraktivitas fisik untuk mencegah obesitas.

– Selama berpuasa, saat sahur Anda tetap diminta untuk banyak minum air putih. Langkah ini dapat mencegah kemungkinan dehidrasi yang mengganggu sistem pencernaan penderita maag.

Saat berbuka puasa

– Saat memulai berbuka, jangan langsung makan berat. Hal ini akan menyiksa pencernaan Anda dan terjadilah gangguan maag pada diri Anda.

– Berbuka puasalah dengan tiga buah kurma setiap hari. Lalu pergilah salat dan mengawali makan seporsi kecil sebelum tarawih.

Semoga bermanfaat ya guys….

 

 

Please follow and like us:

Leave a Reply