Pentingnya Home Education Dalam Tumbuh Kembang Anak

GayaKeren.id – Pendidikan rumah atau home education, adalah milik seluruh keluarga tidak hanya bagi homeschoolers tapi juga bagi keluarga yang berjalur sekolah formal. Home education sangat penting bahkan lebih penting karena dari rumah anak tumbuh bersama keluarga menerapkan nilai­nilai di dalm keluarga, menerapkan dan melatih soft skills mereka seperti bagaimana mengolah emosi, bagaimana bersikap sopan dan santun, menghargai satu sama lain, tolong menolong, mengembangkan empati, mendengarkan orang lain serta mampu berkomunikasi dengan baik dan berkontribusi positif bagi lingkungannya.

Bagaimanakah menerapkan home education yang tepat atau cocok bagi keluarga ?

Psikolog Anak sekaligus Grapholog, Laksmira Ratna Bayuardi, menyampaikan bahwa ada beberapa langkah yang harus dilakukan orang tua untuk bisa menerapkan home education pada anak, diantaranya :

  • Awali dan sepakati dengan berkompromi dengan pasangan sejak anak belum lahir atau paling tidak sejak anak berusia dibawah 1 tahun
  • Tetapkan dan terapkan oleh seluruh anggota keluarga nilai­nilai, konsekuensi dan peraturan yang ingin diterapkan dalam keluarga, kemudian sosialisasikan dengan keluarga besar agar tidak terjadi kesalah pahaman atau miskomunikasi
  • Pelajari, kumpulkan informasi serta membuka diri untuk ragam alternatif pendidikan anak untuk mengurangi ketegangan orangtua dalam mendampingi perkembangan belajar anak serta memberikan kesempatan yang lebih luas bagi anak untuk dapat berkreasi sesuai minat dan kecenderungannya
  • Observasi

Observasi

Observasi adalah suatu kegiatan melihat, memperhatikan dan dokumentasi. Observasi membutuhkan kemampuan untuk memdengarkan, menyimak dengan seksama, mengamati kemudian mendokumentasikan kegiatan atau aktifitas pada saat itu lalu menterjemahkannya menggunakan informasi­informasi dan pengetahuan dalam perkembangan yang kita miliki dan dipahami, tujuannya adalah untuk dapat mengidentifikasi serta mendukung kekuatan, kebutuhan dan perkembangan anak kita sesuai minat dan kecenderungannya.

Laksmira menjelaskan, Observasi pada anak usia dini sangat berguna untuk membantu anda menentukan seperti apa metode pendidikan yang lebih cocok atau tepat bagi anak anda sejak dini yang mana berkaitan erat pada perjalanan pendidikan anak anada dikemudian hari.

Bentuk dari observasi ada banyak ragamnya dan dapat anda pilih atau sesuaikan dengan kemampuan dan kenyamanan anda, seperti : Kolase foto, Checklist perkembangan, Rekam video/audio, Cerita, Obervasi anecdotal.

Laksmira, yang biasa disapa Bu Mia atau Bunda Mia juga mengingatkan bahwa dalam observasi adalah penting untuk selalu mencantumkan :

  • Nama dan usia anak
  • Waktu kegiatan dan waktu observasi
  • Bagaimana situasi dan kondisi saat kegiatan berlangsung
  • Berkomunikasi dua arah dengan anak dan bukn mendikte ataupun intimidasi, biarkan anak merasa nyaman dalam mengemukakan pendapatnya dan apa yang dirasakannya
  • Terjemahkan secara singkat namun jelas apa yang baru saja anda lihat dan anda dengar
  • Identifikasi kekuatan-­kekuatan anak, minat, kebutuhan, kemampuan dalam perkembangannya, kondisi emosi anak saat itu serta energinya.

Bunda Mia menambahkan ada dua hal dalam penulisan dokumentasi observasi, yaitu :

  • Objektif ; mencatat yang dilihat dan didengar
  • Subjektif ; mencatat yang anda pikir tentang yang dirasakan oleh anak saat itu.

Tools Atau Alat Observasi Rumah

Alat bantu dalam melakukan observasi dirumah adalah informasi pengetahuan yang perlu kita miliki dan perlu terus digali, seperti :

  • Informasi pengetahuan dalam bentuk daftar atau list perkembangan fisik pada umumnya sesuai referensi dari dokter
  • Informasi pengetahuan pencapaian perkembamgan secara psikologis yang bisa berupa daftar atau list termasuk memahami gaya belajar anak dan multiple intelligence atau kecerdasan majemuk, yang bisa dipelajari dari berbagai sumber baik seminar atau workshop yang diikuti maupun dari profesional secara personal, sebagai cara orangtua terus menggali dan belajar
  • Informasi pengetahuan grafologi kaitannya dalam parenting atau pola asuh yang juga dapat dipelajari dari berbagai sumber grafologi terpecaya. Karena interpretasi grafologi sangat erat berkaitan dengan psikologi namun melalui sudut pandang atau observasi yang berbeda sehingga dapat sangat membantu orangtua dalam memahami perkembangan anak dan keluarga.

Hal yang tak kalah penting, masih menurut Bunda Mia adalah untuk selalu melakukan observasi perkembangan anak dirumah dan diluar rumah.

“Lembaga pendidikan diluar rumah adalah penunjang dan kepanjangan tangan dari orangtua sebagai pendidik utama seorang anak bukan sebaliknya dan bukan pula pengganti. Rumah adalah sekolah pertama dan utama bagi anak dan keluarga”, Tutup Laksmira.

Semangat Belajar ya anak-anak Indonesia !

Sumber : Laksmira Ratna Bayuardi

Editor :  Roberto Namangge

 

Please follow and like us:

Leave a Reply