Bedah Trend – Teknologi Digital Semakin Dilirik Pebisnis

GayaKeren.id – Sistem pemasaran tradisional mulai ditinggalkan oleh para pemilik bisnis karena pemasaran melalui dunia digital menawarkan lebih banyak keuntungan.

Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting.

Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko yang jauh dari tempat tinggal.

Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.

Revolusi digital ini telah mengubah cara pandang seseorang dalam menjalani kehidupan yang sangat canggih saat ini. Sebuah teknologi yang membuat perubahan besar kepada seluruh dunia, dari mulai membantu mempermudah segala urusan sampai membuat masalah karena tidak bisa menggunakan fasilitas digital yang semakin canggih ini dengan baik dan benar.

Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi telah mengalami perkembangan yang pesat akhir-akhir ini. Kemudahan berkomunikasi dan mencari informasi melalui jaringan internet pada ponsel pintar telah menghadirkan peluang baru bagi para pebisnis.

Berikut beberapa alasan mengapa dunia Teknologi Digital semakin dilirik oleh pebisnis.

Bisnis lebih mudah ditemukan

Semakin banyaknya pengguna internet dan ponsel pintar memberikan peluang baru bagi pebisnis untuk menjangkau pelanggan baru. Mentransformasi bisnis ke digital dapat membantu bisnis agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Meski tidak secara langsung terkonversi menjadi penjualan, setidaknya bisnis dapat lebih dikenal oleh banyak orang.

Target pasar yang lebih luas

Pemasaran digital dengan memanfaatkan teknologi dan internet mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Tak hanya skala nasional, produk atau jasa yang ditawarkan bahkan bisa menjangkau pelanggan internasional.

Pemasaran dengan cara tradisional yang terbentur jarak, waktu, dan biaya kini bisa digantikan dengan pemasaran secara daring. Dengan terjun ke dunia digital, pebisnis dapat menjangkau target pasar yang sebelumnya tidak terjangkau sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Pemasaran yang tepat sasaran

Saat melakukan pemasaran melalui media sosial atau forum, pebisnis dapat menentukan sendiri target pasar yang ingin dijangkau. Saat memasang iklan di media sosial atau forum, pebisnis dapat memilih dan menentukan profil yang ingin dijadikan target pemasaran. Dengan cara digital, pemasaran akan lebih tepat sasaran dan biaya pemasaran dapat dipangkas secara efektif.

Interaksi yang lebih mudah

Memasarkan bisnis secara digital akan memudahkan interaksi pebisnis dengan calon pelanggan. Pertanyaan seputar informasi produk dan jasa yang ditawarkan dapat dijawab lebih cepat dan jelas dengan memanfaatkan internet. Penyampaian informasi akan lebih mudah dengan melampirkan tautan menuju informasi produk atau jasa tersebut.

Terjun ke dunia digital, pebisnis perlu memperhatikan pemilihan server yang tepat agar bisnis bisa berjalan dengan lancar. Pemilihan server harus disesuaikan dengan kebutuhannya agar tidak terjadi overload.

Pengembangan teknologi transmisi termasuk jaringan komputer, para Internet dan penyiaran digital. 3G ponsel, yang tumbuh pesat penetrasi sosial di tahun 2000, juga memainkan peran yang sangat besar dalam revolusi digital karena mereka secara bersamaan memberikan hiburan di mana-mana, komunikasi, dan konektivitas online. Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

Lenovo System x3650 M5 hadir sebagai solusi bagi pebisnis yang membutuhkan server tangguh. Dibekali prosesor Intel Xeon terbaru dengan dukungan hingga 22-core, RAM 1.5TB, dan kapasitas penyimpanan hingga 120TB, server Lenovo tersebut mampu menjalankan tugas berat tanpa khawatir performanya menurun.

Dampak Perkembangan Teknologi Digital

Akibat perkembangan dari kemampuan teknologi, terjadi perubahan yang cukup dramatis di sisi perjalanan dan operasi bisnis, yang menghasilkan pelayanan-pelayanan baru, termasuk dalam hal pemanfaatan jaringan dunia tanpa batas.

Dampak perkembangan teknologi digital dalam berbagai bidang dapat dilihat dari dampak positifnya, Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting.

Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko yang jauh dari tempat tinggal. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan.

Teknologi digital akan terus berkembang. Pada masa yang akan datang, perkembangan teknologi ini dipengaruhi tiga hal, yaitu transisi digital, konvergensi  jaringan, dan infrastruktur digital. Konvergensi jaringan yang terjadi adalah kegiatandi rumah – kesibukan perjalanan – pekerjaan kantor. Konvergensi ini bertendensi pada pemenuhan kebutuhan manusia dalam lingkungan apa pun dan di mana saja.

Saat ini kita semua sudah tahu bahwa teknologi analog mengalami penurunan pertumbuhan, sedangkan teknologi digital terus naik. Inilah transisi digital. Era transisi itu ditandai dengan pertumbuhan industri produk digital yang sangat cepat. Ketika industri digital ini tumbuh, pada saat yang sama akan dialami berbagai perubahan yang sangat cepat.

Khusus untuk konvergensi jaringan akan mengacu pada kecenderungan gaya hidup, yaitu waktu di rumah yang berfokus pada keluarga dan kesibukan perjalanan yang merupakan gabungan antara bekerja dan bermain. Selain itu, kesibukan di kantor antara kerja dan kebutuhan hiburan. Dengan kecenderungan itu, produsen produk digital akan mengarahkan peluang bisnisnya ke sana.

Desain dan teknologi akan disesuaikan dengan perkembangan gaya hidup era digital. Produsen produk-produk digital harus mampu memberi solusi komprehensif pada era konvergensi jaringan itu. Konvergensi itu tidak akan terwujud tanpa peran produsen, pemerintah, dan retailer.

Produsen dengan produsen lainnya harus bekerja sama melakukan standardisasi, sedangkan pemerintah perlu mengurangi hambatan-hambatan perdagangan. Retailer berperan dalam edukasi konsumen, membuat pemasaran yang lebih menarik, serta membangun kerja sama dengan berbagai pihak. Edukasi konsumen sangat diperlukan terkait gaya hidup dan pemenuhan produk yang menunjang gaya hidup itu.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply