Kembaran Kuliner Korea – Indonesia

Foto : google.com

GayaKeren.id – Bagi kamu pecinta hal-hal yang berbau Korea, pasti udah nggak asing lagi dengan kuliner asal negeri Ginseng. Tayangan K-Drama seringkali menghipnotis penontonnya sehingga ingin mencoba kuliner khas Korea. Ada bibimbab, tteokpokki, kimchi, kimbab dan masih banyak lagi. Nah kamu yang udah ngiler dan pengen banget makan kuliner Korea tapi belum menemukan yang jual kuliner khas Korea, tenaaang. Ternyata nggak usah jauh-jauh lho, ada beberapa makanan Indonesia yang juga punya cita rasa hampir mirip dengan kuliner Korea. Seperti apa aja? Yuk simak di bawah ini!

  1. Dak Kochi dengan sate ayam.

Sama halnya dengan sate ayam, dak kochi ini adalah sajian daging yang ditusuk. Biasanya dijajakan di pinggir jalan nih. Sangat mirip kan? Ya walaupun bumbu yang digunakan berbeda sih.

  1. Ganjeong dan Jipang.

Nah kalau dua makanan ini plek jiplek sama persis lho. Kalau di Indonesia namanya Jipang kalau di Korea namanya Ganjeong. Wah, beneran nggak usah jauh-jauh ke Korea lho buat nyicipin ini.

  1. Japchae (fried glass noodles) dan bihun goreng.

Nah kalau yang ini memang sama-sama terbuat dari glass noodle atau bihun kalau di Indonesia. Letak perbedaan hanya pada bumbunya. Japchae hanya pakai bawang putih, minyak wijen, gula dan kecap asin.

  1. Jeungpyeon dan apem/kue mangkuk.

Sama-sama terbuat dari tepung beras, perbedaan dua kue ini adalah bahan campurannya. Kalau jeungpyeon biasanya dicampur dengan wine atau anggur. Nah kalau apem, biasa disajikan dengan kelapa muda.

  1. Jajangmyeon dan mi ayam.

Jajangmyeon ini bisa dibilang sebagai makanan yang paling sering muncul di K-Drama. Jajangmyeon ini juga punya kembaran di Indonesia yaitu mi ayam. Bedanya, kalau jajangmyeon pakai pasta kedelai hitam, kalau mi ayam cukup pakai kecap aja.

  1. Chamchi jeon dan perkedel kentang.

Serupa tapi tak sama, Chamchi jeon dari Korea Selatan biasanya dibuat dari bahan ikan tuna. Sedangkan perkedel biasa dibuat dari kentang dengan daging giling. Sama-sama lezaaat nih.

  1. Bibimbab dan lotek.

Memiliki kesamaan bahan dasar seperti wortel, taoge, kacang panjang, yang membedakan bibimbab dengan lotek hanya campuran bumbunya. Lotek yang lezat dengan bumbu kacang dan bibimbab yang nikmat dengan kecap, telur dan wijen.

  1. Bbobgi dan gulali gula jawa.

Bbobgi alias permen tradisional yang terbuat dari gula karamel manis. Permen ini juga jadi salah satu jajanan kaki lima yang sangat populer di negeri para hallyu star. Familiar? Yup, Indonesia juga punya lho, gulali gula jawa!

  1. Kimbab dan lemper.

Sama-sama digulung, perbedaan dua makanan beda negara ini terletak pada bahan dasar beras untuk kimbab sedangkan lemper biasanya menggunakan beras ketan. Isiannya pun berbeda. Kimbab biasanya diberi isian daging, wortel, bayam dan telur.

  1. Gomtang dan sup buntut.

Gomtang di Korea adalah jenis sup tulang yang terdiri dari tiga bahan, buntut, garam dan daun bawang. Kaldunya seputih air susu dan biasanya digunakan untuk mengobati flu pada seseorang. Nah kalau sup buntut, kalian tahu sendiri kan nikmatnya? Nggak perlu jauh ke Korea toh?

  1. Kimchi dan asinan sayur.

Bicara rasa, keduanya sama-sama memiliki cita rasa yang asam segar, tapi bedanya kalau rasa asam kimchi berasal dari fermentasi sayuran. Kalau asinan sayur, rasa asamnya didapat dari cuka.

  1. Patbingsu dan es kacang merah Palembang.

Keduanya sama-sama cocok dinikmati saat cuaca panas nih. Sama-sama berbahan dasar kacang merah dan dikasih es serut. Mantap!

 

Please follow and like us:

Leave a Reply