Kenali Gejala Gangguan Tiroid

GayaKeren.id – Gejala gangguan tiroid sangat bervariasi dan tidak khas sehingga sering kali hanya dianggap sebagai keluhan akibat gaya hidup serba modern. Hal ini menjadikan gangguan tiroid diabaikan, tidak terdiagnosa sehingga terlambat diobati dan menurunkan kualitas hidup penderita.

Gangguan tiroid adalah gangguan yang menyerang kelenjar tiroid baik gangguan fungsi dalam memproduksi hormon tiroid maupun adanya kelainan kelenjar tiroid tanpa gangguan fungsi.

Hormon tiroid sangat diperlukan dalam metabolisme tubuh, untuk membantu tubuh menggunakan energi agar tetap hangat, serta membuat otak, jantung, otot dan organ lainnya bekerja sebagaimana mestinya.

Gangguan tiroid yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat mempengaruhi kualitas kehidupan sehari-hari dan memiliki dampak psikologis yang memberatkan. Gangguan tiroid dapat menyerang siapapun, mulai dari janin sampai usai lanjut.

Dr. Em Yunir SpPD-KEMD, PB PERKENI menjelaskan, bahwa Gangguan tiroid biasanya berupa kelainan fungsi hipertiroid (kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroid), hipotiroid (kelenjar tiroid tidak cukup memproduksi hormon tiroid) dan kanker tiroid.

Gangguan fungsi tiroid seringkali sulit diidentifikasi karena gejalanya tidak spesifik, gejala gangguan tiroid sangat mirip dengan berbagai keluhan akibat gaya hidup modern sehingga sangat sering diabaikan. Akibatnya pasien seringkali tidak menyadari ada masalah pada dirinya dan tidak memeriksakan diri ke dokter.

Beberapa gejala tersebut diantaranya, kesulitan untuk menurunkan atau menambah berat badan, perasaan lelah atau lamban, perasaan depresi, gelisah, dan mudah mudah marah, kelainan haid, perasaan kurang istirahat dan/atau sulit tidur, kesulitan hamil, perasaan kurang bersemangat atau kehilangan motivasi, kesulitan berkonsentrasi, kesulitan buang air besar atau diare, penurunan kemampuan pendengaran secara signifikan.

Sangat penting bagi masyarakat untuk mengenal dan memahami gangguan tiroid terutama gejalanya, sehingga dapat segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat sejak dini.

“Diharapkan dengan pemahaman yang cukup, masyarakat terutama kaum perempuan dapat lebih waspada dalam mengenali gejala-gejala gangguan tiroid yang mirip dengan gangguan akibat gaya hidup modern, dan tidak mengabaikan gejala yang terlihat sepele sekalipun. Segera periksakan diri dan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan bila mengalami gejala tersebut dan mencurigai adanya gangguan tiroid,” tutur Evie Yulin Direktur Biopharma PT Merck Tbk

 

 

Please follow and like us:

Leave a Reply