Bus Canggih Pedesaan Di Jepang

Foto : google.com

GayaKeren.id – Bila di Indonesia sedang ramai dengan mobil perdesaan, Jepang justru sudah mulai menguji sebuah bus sebagai solusi transportasi di desa. Menariknya bus ini beroperasi dengan teknologi autonomous, alis tanpa sopir.

Bus ini dibuat menggunakan basis Hino Poncho dan dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi asal Jepang, SoftBank. Hino Poncho merupakan minibus yang dibuat untuk memfasilitasi transportasi baik perkotaan maupun perdesaan.

Menurut Techcrunch, SoftBank mengucurkan dana investasi cukup besar dalam pengembangannya. Totalnya mencapai Rp 61 miliar lebih. Setelah melakukan beberapa rangkaian pengujian, bus ini rencananya akan mulai uji publik di jalan umum pada 2018, dan beroperasi pada 2020 nanti.

Tidak hanya itu, pengembangan lebih lanjut juga akan dilakukan bersama Yahoo untuk melengkapi beberapa fitur. Mulai dengan koneksi Yahoo Maps, sampai penyematan data-data seperti keadaan lalu lintas, cuaca, dan lain sebagainya.

Dalam cuplikan video berdurasi hampir lima menit, digambarkan bahwa bus tersebut mampu memberikan layanan yang cukup baik. Contohnya, bus baru berjalan setelah penumpang benar-benar duduk, operator juga sigap menangkap sinyal adanya kendaraan atau benda asing yang berhenti untuk mengaktifkan rem darurat.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply