Perbanyak Mengkonsumsi Buah Saat Bulan Puasa

GayaKeren.id – Berpuasa tidak sekedar menahan haus dan lapar, di bulan ini kita juga diajarkan untuk mengendalikan diri, termasuk mengendalikan kebiasaan dan pola hidup sehari-hari agar kita mampu menjalankan puasa dengan nyaman dan mendapatkan manfaat yang maksimal.

dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK seorang ahli gizi klinik mengungkapkan, bahwa ada banyak manfaat sehat yang bisa di dapatkan dari berpuasa, asalkan dilakukan dengan cara yang benar.

“Misalnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks agar tubuh tidak cepat lemas dan lapar, cermat dalam mengonsumsi makanan atau minuman manis saat sahur dan berbuka sehingga kita dapat membatasi konsumsi gula secara berlebihan, menambah konsumsi sayur dan buah untuk memperlancar pencernaan, memperbanyak konsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi, dan lain-lain.”

Mengonsumsi buah menjadi komponen penting dalam asupan sehari-hari selama bulan Ramadhan karena hal tersebut adalah langkah kecil yang jika dilakukan setiap hari dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Selain kaya akan serat, buah juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu penyerapan nutrisi oleh tubuh guna mengganti zat-zat yang hilang selama berpuasa.

Namun di tengah kesibukan, seringkali masyarakat tidak punya cukup waktu untuk mempersiapkan dan menghidangkan buah asli apalagi beragam jenis. Salah satu cara untuk tetap mendapatkan manfaat buah asli dan variatif bisa dilakukan dengan cara yang lebih praktis adalah dengan mengonsumsi jus kemasan yang terbuat dari buah asli.

Yang terpenting adalah, masyarakat harus lebih teliti dalam memilih jus buah kemasan agar bisa mendapatkan manfaat buah dengan optimal, seperti dengan memilih minuman sari buah asli seperti Buavita.

Meneurut dr. Fiastuti, selain pola makan sehat, sementara banyak orang beranggapan bahwa beraktivitas sehat saat berpuasa akan membuat tubuh lemas, justru aktivitas dan olahraga yang tepat akan mengubah cadangan lemak dalam tubuh menjadi glukosa yang merupakan sumber energi.

“Dengan kadar gula yang meningkat, kita jadi bisa beraktivitas dengan maksimal, rasa kantuk yang sering timbul saat berpuasa hilang, dan tubuh semakin terasa segar. Tentunya olahraga saat berpuasa harus disesuaikan intensitasnya. Pilih olahraga ringan seperti yoga, berjalan ataupun jalan cepat, jogging, bersepeda, atau gerakan peregangan tubuh saat kita berada di tempat kerja,” lanjut dr. Fiastuti.

Please follow and like us:

Leave a Reply