DJI Spark, Drone Terkecil Berteknologi Canggih

Foto : DJI

GayaKeren.id – Raja drone asal Tiongkok DJI beberapa waktu lalu memperkenalkan Spark, sebuah quadcopter yang ukurannya tidak lebih besar dari iPhone 7 Plus.

Begitu mungilnya DJI Spark, Anda bisa menyimpannya di dalam kantong jaket dengan mudah, apalagi mengingat bobotnya cuma sekitar 300 gram. Namun jangan sekali-kali meremehkan kapabilitasnya, sebab DJI telah membekalinya dengan teknologi-teknologi yang sama canggihnya dengan milik kakak-kakaknya yang lebih besar.

Meski berukuran sangat kecil, DJI Spark tetap dilengkapi teknologi computer vision untuk mengenali objek sekaligus menghindari rintangan dengan sendirinya / DJI. Yang paling utama adalah ActiveTrack, dimana Spark dapat mengenali suatu objek dan mengikutinya ke mana pun objek itu bergerak selagi menempatkannya di tengah-tengah frame kamera. Anda pun tak perlu khawatir Spark bakal menabrak pohon, sebab ia bisa mendeteksi rintangan di sekitarnya dan menghindar dengan sendirinya.

Selain menggunakan remote control, DJI juga merancang Spark untuk dioperasikan dengan smartphone. Berkat fitur TapFly, Anda bisa menyentuh bagian manapun pada layar dan Spark akan bergerak ke titik yang Anda tunjuk tersebut. Namun yang lebih istimewa lagi, Spark juga bisa Anda kendalikan hanya dengan mengandalkan gesture.

Cara kerjanya begitu intuitif: begitu Spark lepas landas dari tangan Anda, ia akan otomatis masuk dalam Gesture Mode. Setelahnya, Anda tinggal mengarahkan telapak tangan untuk menentukan posisi Spark di udara. Kalau sudah pas, selfie bisa diambil juga menggunakan gesture, dan Spark pun dapat Anda panggil kembali cukup dengan lambaian tangan.

Kualitas kamera Spark juga tidak boleh Anda sepelekan. DJI telah menanamkan sensor 1/2,3 inci – persis seperti yang mayoritas kamera pocket miliki – beresolusi 12 megapixel, dengan kemampuan merekam video 1080p 30 fps. Selagi merekam, video akan tetap kelihatan mulus berkat kehadiran gimbal 2-axis.

Buat pilot drone yang sudah mahir, Spark turut dilengkapi Sport Mode, dengan kecepatan maksimum hingga 50 km/jam. Dalam mode ini, Anda bisa mengendalikan pandangan kameranya menggunakan kepala Anda dengan bantuan aksesori DJI Goggles selagi kedua tangan Anda berfokus untuk mengeksekusi berbagai macam manuver.

DJI saat ini telah menerima pre-order untuk Spark dengan banderol harga $499. Kalau Anda menginginkan remote control, baterai cadangan serta sejumlah aksesori lainnya, DJI juga menyediakan bundel seharga $699. Oh ya, tidak seperti drone DJI lainnya, Spark tersedia dalam lima pilihan warna yang berbeda: putih, kuning, merah, biru dan hijau.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply