Peringatan! Google Play Store Bakal Tak Bisa Diakses Android Jadul

Image : google.com

GayaKeren.id – Pengguna smartphone dengan sistem operasi (OS) Android sepertinya harus bersiap dengan kemungkinan terburuk tak bisa mengakses Google Play Store. Pasalnya belum lama ini Google menyatakan akan menghentikan dukungan toko aplikasi tersebut di beberapa versi Android.

Tapi tenang saja Sobat Gayakeren, karena hanya sejumlah versi Android jadul yang akan dihentikan dukungannya, yaitu seri 2.1 ‘Eclair’ ke bawah. Menurut laman Kompas, rencananya penghentian dukungan akan dilakukan di akhir bulan Juni 2017.

Hal ini berarti, pengguna gadget dengan sistem operasi Android 1.0, 1.1, 1.5, 1.6, 2.0, dan 2.1 bakal tidak bisa mengakses atau memasang aplikasi baru dari Google Play Store. Sementara itu, Android 2.2 ‘Froyo’ masih mendapatkan dukungan untuk Google Play Store tersebut.

Pemutusan akses tersebut akan terjadi begitu saja tanpa adanya notifikasi kepada pengguna. Terkait keputusan ini, Google mengatakan jika saat ini kebanyakan para pengembang tidak lagi membuat aplikasi yang mendukung sistem operasi Android 1.0, 1.1, 1.5 ‘Cupcake’, 1.6 ‘Donut’, 2.0, dan 2.1 ‘Eclair’.

Sementara itu, Google berjanji bahwa perusahaan akan mendukung keberadaan Play Store di OS Android terbaru dalam durasi yang lebih lama. Penghentian dukungan ini mestinya tidak bakal memberi dampak besar pada pengguna. Pasalnya, perangkat genggam yang mengadopsi sistem operasi tersebut sekarang sudah sedikit yang memakai, selain sebagai koleksi belaka.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply