Cantik Tak Identik dengan Kulit Putih

Foto: Google

GayaKeren.id – Hasrat cantik selalu ingin diwujudkan semua wanita, tak terkecuali mereka yang masih berusia belia. Keinginan untuk memiliki predikat cantik pun menggelora.

Sayangnya, persepsi cantik yang banyak melekat di benak masyarakat yakni identik dengan kulit putih. Padahal, persepsi cantik sendiri tidaklah berkaitan dengan warna kulit. Apapun warna kulit yang dimiliki wanita diharapkan mereka dapat memiliki kepercayaan diri sehinga menimbulkan aura kecantikan yang sesungguhnya.

Yuni Sulistyo selaku Brand Manager Clean & Clear menuturkan bahwa adanya persepsi salah yang beredar dimana mempersepsikan kalau cantik itu dinilai dari warna kulit.

“Putih itu dianggap paling cantik. Nah kita meng-encourage untuk membangun kepercayaan diri dengan warna kulit yang mereka miliki. Mereka pun tidak minder dengan kulit gelap dan bisa percaya diri berekspresi,”ujarnya di Kemang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo,S.Psi berujar bahwa mitos kulit putih lebih eye catching dan sudah terlanjur menyebar luas. Padahal yang paling penting ialah pandangan positif terhadap diri sendiri.

“Kalau mereka terlalu fokus dengan penampilan mereka sendiri tentunya akan menutupi potensi diri yang seharusnya bisa diperlihatkan. Seseorang yang jago public speaking misalnya tidak akan berkembang kalau tidak percaya diri,”tambahnya.

Ditambahkan Vera, khususnya di usia remaja yang merupakan masa peralihan memang diharapkan bisa mandiri dan memiliki positioning yang mantap baik dalam pekerjaan dan pendidikan hingga pasangan hidup. Semuanya harus dipersiapkan dari remaja.

Urusan pun tidak berhenti di sana saja karena tantangan di usia remaja cukup rumit dimana salah satunya bagaimana menghadapi masa pubertasyang mencakup perubahan fisik hormonal dan juga emosional.

“Mereka harus ambil peranan sebagai anak dewasa yang mandiri. Harus ada personal aset agar dapat melewati tahapan ini dengan mulus. Salah satunya ya bagaimana memiliki pandangan positif terhadap diri sendiri,”tutupnya.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply