Pesona Alam Telaga Warna Dieng

Foto : Youtube // MyTrip

GayaKeren.id – Berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut (mdpl), Telaga Warna menjadi satu dari sekian banyak citra anggun pariwisata dataran tinggi Dieng. Posisinya yang berdampingan dengan Telaga Pengilon membuat tempat ini sebagai sanggraloka penyejuk mata sekaligus lokasi yang cocok untuk berselaras dengan alam. Mengawali hari di telaga kembar ini menjadi pembuka hari yang sempurna di tanah para dewa.

Telaga kembar bekas letusan Gunung Api purba ratusan tahun silam tersebut tersohor namanya ke seantero Nusantara karena keunikan warnanya yang sering berubah-ubah. Oleh masyarakat setempat, dinamakanlah Telaga Warna. Sedangkan si pasangan kembarnya dinamakan Telaga Pengilon yang dalam bahasa Jawa berarti tempat bercermin (Pengilon / ngilo atau berkaca) karena saking jernihnya air yang ada di telaga tersebut.

Menurut cerita rakyat setempat, Telaga Warna ini merupakan tempat tetirah Dewi Nawang Wulan, salah satu dari tujuh dewi cantik dari kahyangan. Karena memancarkan lima warna yang berbeda-beda, Telaga Warna dipercaya oleh para penghuni kahyangan sebagai telaga penuh makna yang dapat membentuk jati diri para dewa dan dewi penghuni langit. Kelima warna air yang memancar dari Telaga Warna diartikan sebagai lima wujud karakter manusia.

Karena letak geografisnya yang berada di ketinggian dan dikelilingi gunung dan perbukitan, dataran tinggi Dieng menjadi tempat yang cocok untuk berkontemplasi dan melakukan ritual semedi. Apabila merujuk dari arti penamaan dataran tinggi Dieng sendiri, Dieng berasal dari kata Adi dan Hyang. Kedua kata tersebut memiliki pemaknaan tempat bersemayamnya para dewa-dewi. Pantas saja bila legenda setempat menyebutkan bahwa Telaga Warna di dataran tinggi Dieng ini menjadi telaga indah tempat bersemayam para dewa dewi kahyangan.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Trekking

Trekking atau berjalan kaki menyusuri jalan setapak menaiki perbukitan menjadi keharusan bagi kamu yang ingin menyaksikan lansekap pesona alam Telaga Warna dari sudut pandang yang berbeda. Ada dua spot puncak bukit yang dapat kamu tuju, pertama adalah spot puncak Bukit Sidengkeng. Tak memerlukan waktu lama untuk mendaki bukit ini, dipuncaknya telah disediakan sebuah gardu pandang yang photogenic untuk memandang lepas Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Spot yang kedua adalah puncak bukit batu pandang ratapan angin. Spot yang terakhir ini tak kalah photogenic dari spot sebelumnya. Dari puncak batu ratapan angin ini, kamu bisa berfoto dengan latar dua telaga kembar yang berdampingan di kanan dan kiri.

Menikmati Taman Bunga

Apabila kamu akan melakukan trekking melalui jalur Bukit Sidengkeng, kamu pasti akan melintasi taman bunga yang berada tepat di depan gerbang bertuliskan Bukit Sidengkeng. Taman bunga tersebut bernama Wana Wisata Petak Sembilan Bukit Sidengkeng. Ada sekitar 75 jenis tanaman bunga yang tumbuh di taman ini, salah satunya yang menjadi primadona adalah bunga pancawarna yang bernama latin bunga Hortensia. Wujud bunganya memang hanya Nampak berwarna putih, namun bunga tersebut bisa berubah warnanya jika PH tanahnya diubah.

 

 

Menikmati Lansekap Telaga

Menikmati lansekap Telaga Warna dan Telaga Pengilon di pagi hari menjadi pembuka hari yang sempurna. Berselaras dengan alam di pagi hari saat embun mulai ditimpa hangatnya sinar matahari semakin menambah kesan magi yang membekas dalam perjalanan wisatamu di Telaga Warna ini. Selain itu, sunyinya suasana di kawasan ini dapat menyegarkan kembali segala kepenatan yang ada di kepalamu. Sejenak, beban dan permasalahan di keseharian hidupmu akan terasa hilang saat berada di sini.

Photo Hunting

Melakukan aktivitas yang satu ini adalah hal wajib yang ada di kamus setiap pejalan di masa kini. Terasa hampa rasanya bila dalam setiap perjalanan wisatamu tak dapat membawa pulang kenangan dalam sebuah bingkai foto. Apalagi, Telaga Warna di dataran tinggi Dieng disebut-sebut sebagai salah satu telaga eksotik di Indonesia selain Gunung Semeru dengan Danau Ranu Kumbolo, Gunung Rinjani dengan Danau Segara Anaknya, Danau Kalimantan Timur dengan Labuan Cermin, dan masih banyak lagi. Di kawasan wisata Telaga Warna ini, banyak spot photogenic yang dapat kamu eksplore, asal kan cuaca cerah, langit biru bakal mempercantik tiap frame fotomu.

Nah, sobat GayaKeren selamat mencoba destinasi wisata yang satu ini ya….

 

Please follow and like us:

Leave a Reply