Jurang Tembelan Kanigoro Yang Instagramable

Foto : GayaKeren.id // Renato // instagram

GayaKeren.id Jogjakarta yang merupakan sebagai kota Multikultural juga ternyata memiliki pesona wisata yang sangat banyak dan beragam, mungkin sangat menyenangkan bagi warga Jogja karena dimanjakan dengan spot wisata. Salah satunya adalah Jurang Tembelan Kanigoro.

Pencinta travelling pastinya tidak pernah merasa bosan untuk terus mengeksplor dunia kan ?  Nah, kali ini tim GayaKeren.id mengajak untuk mengenal lebih dekat dengan objek wisata yang satu ini.

Jurang Tembelan Kanigoro merupakan daya tarik wisata alam tebing perbukitan yang dikhususkan sebagai lokasi berfoto. Obyek wisata ini memiliki konsep yang terkenal dengan jembatan selfie di atas awan. Daya tarik utama obyek wisata ini adalah spot selfie dengan bentuk kapal di tepi jurang dengan latar pemandangan Sungai Oyo.

Lokasi Jurang Tembelan berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Jaraknya dari pusat kota Yogyakarta sekitar 22 kilometer dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 1,5 jam.

Jurang Tembelan kini menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang sedang populer. Jika kamu tahu lokasi Taman Buah Mangunan, lokasi Jurang Tembelan tidak jauh dari gardu pandang Mangunan. Jika ingin ke Jurang Tembelan, kamu hanya tinggal berpatokan pada area gerbang masuk Gardu Pandang Mangunan. Dari situ sudah bisa melihat papan petunjuk menuju Jurang Tembelan. Sangat informatif dan mudah untuk ditemukan.

Jurang Tembelan boleh dibilang merupakan salah satu tempat wisata baru di Yogyakarta. Wisatawan biasanya datang untuk selfie dan memotret sunrise atau matahari terbit. Jurang Tembelan baru saja di buka sebagai tempat wisata baru di sekitar Yogyakarta pada bulan Agustus 2016.

Meskipun tergolong wisata baru, Jurang Tembelan punya potensi wisata yang menjanjikan. Buktinya hampir setiap akhir pekan, tempat wisata baru di Mangunan ini selalu ramai dipadati pasangan muda mudi yang datang ingin selfie.

Wisata baru Jurang Tembelan ini kini mulai banyak lalu lalang di lini masa Instagram. Waktu paling tepat untuk mengunjungi Jurang Tembelan adalah pada pagi hari sebelum matahari terbit. Saat siang hari biasanya sudah semakin banyak wisatawan yang datang dan untuk selfie pun harus bergantian.

Alasan mengapa Jurang Tembelan lebih menarik wisatawan dibandingkan Bukit Punguk dan Bukit Mojo karena keberadaan Gardu Pandang yang instagrammable.

Tak perlu heran jika kini tren spot selfi dan spot instagram memang menjadi daya tarik muda mudi yang melek digital. Mereka biasanya akan dengan bangga memamerkan destinasi wisata terbaik lewat akun instagrammnya.

Area wisatanya bisa dibilang sempit karena hanya memanfaatkan area tebing bukit atau jurang. Pemandangan alam dari bukit ini hampir sama dengan pemandangan dari puncak bukit Kebun Buah Mangunan karena keduanya bersebelahan.

Spot selfie yang berbentuk seperti perahu atau kapal merupakan daya tarik sekaligus ikon wisata Jurang Tembelan Kanigoro. Tempat selfie ini dibuat dari bambu Spot selfie ini berada di tepi perbukitan atau jurang dengan latar pemandangan aliran Sungai Oyo dibagian bawah yang dikelilingi oleh perbukitan gunung seribu. Pengunjung dapat bergantian untuk berfoto diatas spot kapal ini yang dikenal dengan nama Titanic-nya Mangunan. Selain spot kapal Titanic masih ada beberapa spot selfie yang menarik untuk digunakan sebagai lokasi berfoto. Saat belum dikenakan biaya alias gratis namun pengunjung dipersilakan memberikan donasi untuk biaya perawatan.

Tentu hal ini sangat baik karena ikut membantu mempromosikan tempat wisata baru di Yogyakarta. Namun, sisi lainnya adalah jumlah wisatawan yang berlebihan berpotensi merusak dan mengotori.

Posisi Jurang Tembelan Kanigoro yang menghadap ke arah barat atau lebih tepatnya barat daya membuat tempat ini cukup menarik digunakan sebagai sebagai tempat menikmati matahari terbenam atau sunset. Selain itu ketiadaan penghalang di sisi barat membuat pemandangan terasa lepas dan luas. Bagi pengunjung yang datang pagi hari kondisinya juga tidak kalah indah dimana suasana disekitar seperti berada di negeri diatas awan karena kabut tebal berada di bagian bawah tebing atau obyek wisata ini. Pengunjung tinggal memilih apakah akan datang ke tempat ini pada pagi hari atau pada sore hari.

Fasilitas pendukung wisata di obyek wisata Jurang Tembelan Kanigoro sudah cukup lengkap meskipun harus diperbaiki dan dilengkapi. Warung makan sudah tersedia di area wisata ini dengan harga yang cukup terjangkau dan tidak mencekik pengunjung. Diharapkan pengelola memberikan kesan positif agar wisatawan puas berwisata di obyek wisata ini ditengah persaingan wisata di sekitar Yogyakarta.

Sekadar informasi bahwa medan jalan menuju daerah Mangunan memang cukup terjal dan menantang. Jadi perlu kehati-hatian dan keterampilan berkendara. Terutama pada saat hujan turun, jalan akan semakin licin. Jadi, pastikan kendaran kamu juga dalam kondisi terbaik saat ke Mangunan.

 

 

 

Please follow and like us:

Leave a Reply