Perawatan Tepat Untuk Rambut Berminyak

Foto: Google

GayaKeren.id – Rambut berminyak menjadi permasalahan serius bagi siapapun. Diperlukan perawatan tepat agar rambut berminyak dapat teratasi secara maksimal.

Memiliki rambut berminyak memang tidak mengenakkan. Selain lebih cepat lembab, risiko ketombe yang menghantui pun lebih tinggi. Anda pun akan merasa tidak nyaman karena kondisi rambut yang berminyak membuat rambut seperti terasa lebih cepat kotor dan mendorong Anda untuk segera keramas setiap hari.

Selama ini, gangguan kulit kepala yang berminyak membuat banyak orang mencuci rambut lebih sering. Hal ini memang sangat membantu rambut dan kulit kepala jadi lebih bersih setiap harinya. Meski demikian, hal tersebut sebenarnya tidaklah disarankan mengingat cara tersebut justru membuat kondisi jadi lebih buruk.

Nah, ketimbang memaksakan diri untuk melakukan keramas tiap hari dan membuat kondisi rambut jadi tidak sehat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Anda pun dapat mencobanya dengan solusi sederhana berikut, seperti dipaparkan Liveabout.

Jangan lewatkan kondisioner

Pastika Anda menggunakan kondisioner usai menggunakan sampo untuk memastikan kulit kepala terjaga kesehatannya dan bilaslah sampai benar-benar bersih.

Periksalah teknik keramas Anda

Pastikan Anda keramas rambut dengan benar, yang berarti bilas, bilas dan bilas. Anda harus membilas rambut minimal selama 30 detik. Terkadang, rambut berminyak sebenarnya disebabkan karena sampo atau kondisioner yang belum dibilas secara tuntas.

Gunakan air dingin

Bilaslah rambut dengan air dingin setelah keramas. Air panas dapat merangsang kelenjar yang menghasilkan sebum sementara air dingin membantu mematikannya. Air dingin juga membantu menutup kultikula dan mengurangi kerusakan pada rambut Anda.

Batasi penggunaan pengering rambut

Bila memungkinkan, biarkan rambut Anda kering secara alami atau jika terpaksa menggunakan pengering rambut maka kurangi suhu panasnya. Rambut dengan pengering yang begitu panas suhunya akan merangsang produksi minyak lebih cepat.

Lepas tangan

Sentuh rambut Anda sesedikit mungkin. Semakin Anda sering menyentuh, menyikat bahkan menata rambut maka semakin banyak minyak yang Anda hasilkan dan semakin nyata lemak yang didapat sepanjang hari.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply