Agar Si ‘Curly’ Terjaga Keindahannya

Foto: Google

GayaKeren.id – Memiliki rambut keriting memang kerap mendatangkan pekerjaan rumah tersendiri. Perawatan yang tidak tepat tidak hanya membuat tekstur rambut tipe ini jadi kusut tetapi juga jadi kurang terawatt.

Rambut keriting sedianya memang membutuhkan perawatan yang khusus dibandingkan dengan rambut tipe lainnya. Ini dikarenakan rambut keriting cenderung lebih kering dan lebih mudah kusut daripada rambut lurus.

Karena itu, Anda pun harus lebih berhati-hati dalam mencuci rambut, mengkondisikan rambut serta menata rambut Anda. Anda pun harus membatasi seberapa sering Anda bisa keramas dan menggunakan produk agar rambut Anda tetap lembab sehingga senantiasa terjaga kesehatan dan keindahannya. Selain itu, Anda bisa menerapkan perawatan rumah seperti berikut ini, seperti dipaparkan Wikihow.

Langkah pertama

Gunakan sampo dan kondisioner yang dirancang untuk rambut yang rusak. Rambut keriting adalah tipe rambut yang lebih kering daripada rambut lainnya dan karenannya jadi lebih mudah rusak. Sebaiknya, pilihlah sampo dengan bahan ringan yang tidak terlalu menyiksa rambut Anda nantinya. Jika Anda tidak menemukan sampo untuk rambut kering atau rusak, Anda dapat mencari sampo yang menjual sampo khusus untuk rambut keriting. Ramuan dalam sampo ini mirip dengan formula yang ada pada kebanyakan sampo yang dijual untuk rambut rusak.

Langkah kedua

Batasi keramas rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut keriting, sebaiknya tidak keramas setiap hari. Karena rambut keriting biasanya juga kering sehingga tidak perlu dicuci sesering mungkin. Keramas terlalu sering justru membuat rambut semakin kering dan membuatnya jadi mengerikan. Keramaslah dua kali seminggu dan sesudahnya sikat dengan lembut untuk menghindari rambut kusut serta kerusakan pada rambut Anda.

Langkah ketiga

Lakukan perawatan pengkondisian rambut agar terjaga kelembabannya. Oleskan sedikit kondisioner ke rambut sebelum Anda masuk ke kamar mandi. Tutup dengan shower cap agar rambut tertutup sepenuhnya. Kemudian mandilah seperti biasa dan biarkan shower cap tetap terpasang. Panasdan uap dari kamar mandi akan membantu mengunci kelembaban kondisioner. Setelah selesai, bilas kondisioner dan sisir seperti biasa.

Langkah keempat

Gunakan t-shirt untuk mengeringkan rambut Anda. Ketimbang menggunakan handuk, penggunaan t-shirt ringan dapat membantu melembutkan rambut Anda. Handuk dapat mengiritasi rambut Anda sehingga usai keramas sebaiknya tidak menggunakan handuk untuk mengeringkannya. Pilihkan t-shirt dengan bahan ringan sebagai pengganti untuk mengeringkan rambut keriting Anda.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply