Foto : google.com

GayaKeren.id – Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi kulit dimana pada area kulit tertentu menjadi lebih gelap dibandingkan warna kulit alami di sekitarnya, yang disebabkan oleh produksi melanin berlebih. Warna gelap dapat berupa flek hitam maupun bintik gelap di kulit, dapat muncul pada kaki, tangan, bagian lain tubuh, namun yang paling umum muncul adalah pada wajah. Hal ini dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan dan kerusakan kulit akibat jaringan parut yang disebabkan oleh bekas jerawat.

Meskipun hiperpigmentasi dapat terjadi pada semua jenis kulit, namun orang yang secara alami memiliki warna kulit lebih gelap seperti penduduk Afrika, Amerika dan India/Asia Selatan lebih berpotensi menderita hiperpigmentasi karena mereka sudah memiliki jumlah melanin yang lebih banyak di kulit mereka.

Hiperpigmentasi kulit dapat menyebabkan warna yang tidak merata dan bercak-bercak hitam. Produksi berlebihan melanin bertanggung jawab untuk kondisi ini. Hiperpigmentasi dapat terjadi pada hampir semua bagian tubuh, termasuk wajah, leher, tangan, lengan dan kaki.

Akar penyebab produksi melanin berlebih umumnya dikaitkan dengan faktor internal seperti perubahan hormonal dalam tubuh, kehamilan dan berbagai masalah kesehatan. Faktor eksternal seperti paparan berlebihan sinar matahari, luka kulit terbakar, stres emosional atau kontak dengan bahan kimia tertentu juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi.

Anda dapat menyingkirkan hiperpigmentasi secara alami dengan bantuan beberapa bahan alami sederhana dan mudah. Berikut bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menyingkirkan hiperpigmentasi.

1. Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang membantu memutihkan kulit, membuatnya menjadi pengobatan rumah populer untuk hiperpigmentasi. Agen pemutih alami ini dapat secara efektif memudarkan noda hitam pada kulit Anda.

2. Kentang mentah

Kentang mentah bekerja sangat baik untuk membantu mencerahkan kulit yang hiperpigmentasi serta tempat-tempat lain dan noda pada kulit. Kentang berisi catecholase, enzim yang diyakini untuk membantu mencerahkan warna kulit.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel baik untuk mengurangi munculnya bercak-bercak hitam pada kulit karena hiperpigmentasi. Ini memiliki pencerah kulit yang sangat baik serta sifat zat yang dapat membantu mengembalikan warna alami kulit Anda.

4. Vitamin E

Sering disebut sebagai vitamin kulit, vitamin E adalah pengobatan yang jelas untuk hiperpigmentasi kulit. Kandungan antioksidan dalam vitamin E menetralkan efek sinar UV yang berbahaya dari matahari dan perbaikan serta melindungi kulit.

5. Kunyit

Kunyit memiliki sifat pemutihan yang dapat membantu menyingkirkan gejala kulit yang hiperpigmentasi. Plus, kunyit dapat menjaga kulit bebas dari infeksi.

6. Aloe vera

Aloe vera bekerja sangat baik pada kulit yang hiperpigmentasi karena adanya polisakarida mucilaginous di gel. Hal ini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan mempromosikan regenerasi sel kulit baru.

7. Kulit jeruk

Jika Anda makan jeruk, jangan buang kulitnya. Kulit jeruk mengandung asam sitrat yang memiliki sifat pemutihan dan dapat membantu menyingkirkan bercak-bercak hitam pada kulit.

8. Alpukat

Diperkaya dengan asam lemak, vitamin C dan asam oleat, alpukat efektif dapat membantu mengurangi munculnya hiperpigmentasi. Plus, berbagai enzim dan jumlah tinggi vitamin E dalam alpukat juga dapat mengurangi pigmentasi.

9. Kayu cendana

Cendana dikenal untuk meningkatkan warna kulit dan juga bekerja efektif untuk hiperpigmentasi atau jenis lain dari noda kulit. Semua sifat ini bekerja sama untuk mengurangi munculnya bercak-bercak hitam dan memberikan kulit Anda kondisi yang muda alami.

10. Almond

Menjadi sumber yang kaya vitamin E, almond baik untuk kulit dan kulit terutama hiperpigmentasi.

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan