Foto : Ist

GayaKeren.id – Minyak ikan memiliki komponen-komponen penting, seperti DHA (docosahexanoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid). Keduanya dipercaya dapat menjaga kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Salah satunya dari batuk pilek, penyakit yang paling sering ditemui pada anak-anak. Kondisi tersebut sering menyerang anak-anak, karena imunitas tubuh mereka yang masih kurang sempurna dibandingkan orang dewasa.

Saat anak sedang batuk pilek, omega-3 pada minyak ikan dapat bekerja sebagai anti peradangan, terutama pada saluran pernapasan. Jika saluran pernapasan terganggu, tentunya akan mengganggu proses perkembangan otak anak.

Di samping itu, minyak ikan dapat membantu membentuk kecerdasan bayi. DHA-lah yang paling berperan untuk ini, karena fungsinya dalam meningkatkan sistem saraf janin sejak pembentukan otak di dalam kandungan. Inilah kenapa minyak ikan sangat penting bagi ibu hamil.

Selain itu, DHA terbukti dapat meningkatkan kualitas mata pada janin. Nantinya, ketajaman mata dalam menangkap objek secara cepat akan mendukung kecerdasan otak pada anak.

Namun, hal ini perlu didukung oleh kebutuhan nutrisi yang tercukupi serta bimbingan orang tua dalam memaksimalkan kecerdasan otak anak. Salah satu caranya adalah dengan sering-sering mengajak anak bermain atau melakukan aktivitas fisik yang merangsang perkembangan otak.

Mari optimalkan perkembangan otak anak dengan gizi yang seimbang. Dapat diawali dengan sesuap minyak ikan setiap harinya. Jangan lupa untuk mengajak anak bergerak aktif juga, ya!

 

 

Please follow and like us:

Leave a Reply