Foto : Ist

GayaKeren.id – Sensasi rasa kesat di kulit dicari banyak orang setelah mencuci muka. Mereka beranggapan rasa kesat itu berarti semua kotoran sudah dibersihkan dari kulit.

Menurut dr. Melyawati Hermawan Sp.KK, sensasi rasa kesat tersebut sebenarnya menunjukkan kulit dalam kondisi berbahaya. Itu berarti zat surfaktan dalam produk pembersih wajah cukup keras karena wajah jadi terasa kaku dan kering setelahnya.

Produk pembersih muka ternyata juga bisa membuat kulit semakin stres. Kulit wajah kita tipis sehingga perlu perlakuan istimewa. Produk pembersih muka yang membuat kulit terasa kesat bisa membuat wajah menjadi kering karena kelembaban alaminya ikut terangkat saat mencuci muka.

“Minyak alami di permukaan kulit diperlukan sebagai barier kulit agar bakteri tidak mudah masuk dan juga supaya penguapan kulit tidak gampang terjadi,” kata dokter dari RS Siloam Kebun Jeruk Jakarta ini menambahkan.

Membersihkan wajah merupakan langkah awal memiliki kulit yang sehat, namun pilihlah produk pembersih yang mengandung surfaktan ringan sehingga kulit tetap terjaga kelembabannya.

Formula sabun muka yang baik sebaiknya juga mengandung agen lain yang akan melembabkan dan menutrisi kulit. Sebelumnya ditentukan dulu jenis kulitnya dan sesuaikan dengan produk yang akan dibeli.

Mungkin anda perlu mencoba Facial Foam sabun pembersih muka yang mengandung stearic acid dan glycerin, bahan pelembab yang dapat memperbaiki lapisan kulit dan mengikat kadar air dalam kulit. Karena busa yang dihasilkannya sangat lembut dan berbeda dari pembersih wajah pada umumnya sehingga dapat mengikat kotoran tanpa membuat kulit kering.

Varian Facial Foam dapat disesuaikan dengan berbagai tipe kulit, yakni untuk kulit normal, sensitif, dan kering; untuk kulit berminyak atau kombinasi; serta untuk kulit kusam.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply