Foto: Ist

GayaKeren.id – Keindahan wastra Nusantara memang tak diragukan lagi. Berbagai jenis kain dari pelosok Nusantara menjadi potensi tersendiri bagi Indonesia untuk terus diolah dan dipromosikan secara luas.

Sebagai bentuk promosi di pentas internasional, keindahan kain Nusantara pun bakal meramaikan Indonesia Cultural Fashion Goes to Milan di Base Milano, Milan, Italia. Selain mempromosikan kain-kain Nusantara, perpaduan musik dan instrument khas Indonesia juga turut meramaikan helatan akbar tersebut.

Indonesia Cultural Fashion (ICF) pertama kalinya digelar di Amsterdam, Belanda. Dan pada tahun ini, ICF akan tampil berbeda karena menghadirkan kolaborasi perhelatan fashion dan instrumen khas Indonesia. Suguan dari Guitar Meet Kendang oleh gitaris ternama Tohpati yang dibawakan dengan beberapa lagu menarik seperti Janger, Es Lilin, Kampuang nan Jauh di Mato  dan Ksatria akan meramaikan acara tersebut.

Acara meriah tersebut akan dihadiri para fashion blogger, komunitas Indonesia di Eropa, KBRI, serta masyarakat Eropa. Tak hanya itu, deretan desainer dari Indonesia juga akan meramaikan di dalamnya.

Mereka di antaranya Territory by Terry Putri dimana menghadirkan suguhan busana modern dengan sentuhan kain khas Banjarmasin. Ada pula Tyramona yang  mengangkat motif Toraja dalam koleksinya.

Kemudian ada Elemwe (Batik Betawi) dimana mengangkat tema Pesona Jakarta akan menghadirkan batik Betawi dengan paduan bahan polos. Ada pula Alkhansas yang memadupadankan kain batik Cirebon hingga batik motif Kapal Pinisi dan huruf Lontara dari Bugis, Makassar dalam koleksinya.

“Melihat antusias dari helatan di tahun sebelumnya, maka event ini pun kembali kami gelar. Selain melestarikan budaya Indonesia kami berharap juga event ini bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan lebih luas budaya Indonesia melalui seni musik dan fashion dengan membawa kain-kain daerah,”ujar Iwan Kurniawan selaku penyelenggara.

Please follow and like us:

Leave a Reply