GayaKeren.id – Memilih produk perawatan rambut yang tepat perlu disesuaikan dengan jenis rambut yang Anda miliki. Jangan sampai salah memilih dan membuat keindahan rambut Anda menjadi korbannya.

Mengenali karakter rambut memudahkan Anda untuk memilih produk mana yang sesuai dengan permasalahan rambut yang dihadapi. Ketika memilih produk rambut yang tepat maka masalah rambut pun tak akan timbul. Sebaliknya, permasalahan rambut akan muncul saat Anda mungkin memilih menggunakan produk yang kurang tepat.

Hal pertama yang perlu menjadi pertimbangan memilih produk rambut tentunya mengetahui jenis rambut Anda sendiri sehingga Anda dapat menemukan produk yang tepat. Berikut ini beberapa pertimbangan yang dapat dipikirkan sebelum menentukan produk yang akan digunakan, seperti diulas Redken.

Diameter rambut

Cara pertama untuk menentukan jenis rambut yang Anda miliki ialah menentukan diameter rambut Anda. Mengetahui diameter rambut dapat dimulai dengan mengambil satu helai rambut dan meletakkannya secara rata di atas meja. Jika Anda hampir tidak bisa melihat rambut atau merasakannya di ujung jari Anda berarti Anda memiliki rambut yang halus. Jika helai rambut terlihat tebal dan bertekstur maka rambut Anda jenis yang kasar.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka Anda akan terbantu menentukan jenis produk yang harus dipilih. Misalnya untuk rambut yang kasar akan memiliki banyak tekstur dimana rentan terhadap keritingdan seringkali tidak dapat mempertahankan air. Untuk melembabkan rambut tersebut maka dapat memilih produk yang lebih banyak mengandung pelembab.

Kepadatan rambut

Untuk mengetahui hal ini, ambillah bagian depan rambut Anda dan tarik ke samping. Jika Anda bisa melihat bagian kulit kepala Anda di bawah atau melalui rambut maka rambut Anda tipis. Sebaliknya, jika Anda hampir tidak dapat melihat kulit kepala sama sekali maka rambut Anda tebal.

Kemampuan rambut menyerap kelembaban

Untuk mengetahui bagaimana kondisi ini ialah dengan menempatkan satu helai rambut ke dalam semangkuk air. Jika rambut meresap ke bagian bawah, rambut Anda memiliki tingkat serap yang tinggi. Sebaliknya, jika rambut mengapung di atas air maka tingkat serap rambut rendah. Bagi Anda yang memiliki rambut dengan tingkat serap rendah biasanya air sering berada di bagian luar rambut dan tidak terserap. Seringkali Anda akan mendapati rambut lebih panjang dan mengering sehingga produk yang diapakai cenderung menumpuk di atas rambut. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah produk yang digunakan dimana memiliki sedikit kelembaban untuk diterapkan di mahkota Anda. Dan untuk rambut yang memiliki tingkat serap tinggi dapat menghindari panas karena dapat mengeringkan rambut lebih lanjut. Carilah produk yang menghidrasi rambut dimana memberikan kelembaban pada rambut.

Leave a Reply