GayaKeren.id – Kota Surabaya menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat di Indonesia karena memiliki banyak spot-spot menarik, dari mulai wisata sejarah, wisata edukasi, dan wisata alam.

Nah, jika Anda ingin menghabiskan waktu akhir pekan atau liburan panjang ke Kota Pahlawan ini, ada baiknya untuk menyusun rencana matang terlebih dahulu. Pasalnya, jika salah pilih waktu atau melakukan hal di luar rencana, Anda bisa-bisa harus merogoh kocek lebih dalam.

Saat berlibur ke Surabaya, ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan supaya liburan menjadi berkesan tanpa harus mengeluarkan bujet besar. Yuk kita simak tips berikut ini:

  1. Cari Promo Tiket Pesawat dan Akomodasi dengan Harga Terjangkau

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota atau luar provinsi, sebaiknya mencari tiket promo jauh-jauh hari. Terlebih jika Anda memang sudah merencanakan untuk mengunjungi Surabaya. Persiapkan diri anda untuk berburu promo tiket pesawat murah untuk teman perjalanan Anda.

Selain tiket pesawat, cara termudah untuk menghemat pengeluaran selama liburan di Surabaya adalah menginap di hotel bujet. Berkat statusnya sebagai Ibu Kota provinsi Jawa Timur sekaligus kota wisata, Surabaya juga memiliki beragam jenis hotel dan penginapan terbaik dengan harga terjangkau untuk dipilih.

Anda juga bisa mengandalkan website penyedia jasa hotel untuk memesan akomodasi Anda selama di Surabaya.

  1.  Keliling Kota Menumpang Bus House of Sampoerna

Ingin wisata gratis? Naik bus yang disediakan House of Sampoerna saja. House of Sampoerna merupakan salah satu lokasi legendaris di Surabaya, yang dulunya juga dikenal sebagai rumah pribadi kepunyaan pemilik pabrik rokok Sampoerna. Saat ini, kawasan tersebut sudah difungsikan sebagai museum.

Bus House of Sampoerna beroperasi setiap hari, dengan jadwal keberangkatan mulai pukul 09.00 WIB. Anda bisa berkeliling Kota Pahlawan tanpa mengeluarkan biaya, bahkan dapat pemandu gratis. Perjalanan wisata dimulai dan berakhir di House of Sampoerna.

Untuk sekali jalan, bus House of Sampoerna menghabiskan waktu skeitar 1 jam menuju kawasan wisata sejarah di Surabaya seperti Tugu Pahlawan, Balai Pemuda, De Javasche Bank, Klenteng Hokan, dan masih banyak lagi. Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di salah satu tempat wisata tersebut, Anda juga bisa turun dan berkeliling sendiri alias tidak ikut kembali ke House of Sampoerna.

  1. Cari Tempat Wisata Gratis yang Menarik

Surabaya adalah surganya tempat wisata gratis. Selain House of Sampoerna, Anda juga bisa mengunjungi kawasan lain seperti Taman Bungkul, Masjid Cheng Ho, dan Pantai Ria Kenjeran. Ketiga tempat di atas tidak memungut retribusi tiket masuk, tapi pengunjung cukup membayar biaya parkir kendaraan.

Ada juga lokasi wisata murah seperti Kebun Binatang Surabaya, Monumen Kapal Selam, dan kawasan Mangrove Wonorejo.

Untuk mengunjungi kawasan tersebut, ada baiknya Anda menyiapkan rencana perjalanan. Hal tersebut untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi pembengkakan biaya akibat jarak antara satu destinasi dan yang lainnya berjauhan.

Untuk menghemat waktu dan biaya, rencanakan perjalanan ke tempat wisata yang lokasinya dekat dalam satu hari yang sama. Misalnya, rencana perjalanan yang ideal adalah mengunjungi Kebun Binatang Surabaya di siang hari, lalu lanjut mampir ke Taman Bungkul. Kedua destinasi wisata tersebut letaknya berdekatan, bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki (sekitar 600 meter).

 

 

Leave a Reply