GayaKeren.id – Setiap saat tentunya kamu selalu membawa smartphone ke mana pun kamu pergi. Smartphone yang kamu bawa pun kerap ditaruh di mana saja, baik di atas meja, dalam saku celana, tas, dan mungkin pernah kamu bawa ke toilet.

Bayangkan seberapa tebal debu, kotoran, dan banyaknya kuman yang menempel di smartphone kesayangan kamu. Mengutip laman Greenbot, London School of Hygiene dan Tropical Medicine menemukan bahwa 92 persen smartphone yang mereka teliti memiliki bakteri jahat.

Hal itu memang terdengar mengerikan. Maka dari itu  kamu wajib mencari tahu bagaimana caranya membersihkan smartphone dengan benar. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips bikin smartphone menjadi lebih kinclong dan bersih, sebagaimana dilansir dari Tekno Liputan6.com

Gunakan Tusuk Gigi dan Cotton Bud

Lapisan kecil di antara kaca yang menutupi layar biasanya terlihat sangat kotor karena banyak debu yang menempel. Kotoran juga menumpuk di sela sasis smartphone.

Untuk menjaga smartphone tetap bersih, kamu bisa mengangkat kotoran atau debu yang menempel dengan tusuk gigi. Angkat kotoran secara perlahan dan maksimalkan dengan memakai cotton bud untuk menyingkirkan debu yang tersisa.

Untuk kotoran yang membandel, kamu bisa mencelupkan cotton bud ke dalam larutan pembersih dan memutarnya di lensa kamera atau bagian lain seperti di celah sasis smartphone.

Lakukanlah secara teliti dan juga lembut agar smartphone kesayangan kamu tidak tergores.

Mengelapnya Sesering Mungkin

Ini adalah hal yang jelas untuk dilakukan, namun perlu berulang. Kamu harus mengelap atau membersihkan smartphone sesering mungkin agar terlihat lebih kinclong. Kamu bisa mengelap smartphone dengan tisu anti-bakteri yang sudah dibasahi atau handuk berstektur lembut.

Kamu juga bisa menggunakan kain microfiber. Kain jenis ini memiliki sifat seperti magnet yang bisa menarik debu dan kotoran, serta dapat digunakan dalam keadaan kering dan basah.

Sebagai alternatif, kamu bisa membersihkan layar smartphone dengan botol semprot kecil yang berisi alkohol dan air mineral. Kamu pun bisa membuat campuran air dengan cuka (perbandingan 50:50), kemudian lap hingga kering.

Pasta Gigi

Pasta gigi selain untuk menyikat gigi juga bisa dipakai untuk menghilangkan goresan pada smartphone kamu.

Caranya, kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada kain halus kemudian gosokkan pelan-pelan pada layar smartphone kamu secara merata.

Usapkan dengan gerakan melingkar hingga goresan dan baret-baret di layar mulai memudar. Jika goresan halus sudah memudar, gunakan lap basah untuk menghilangkan bekas pasta gigi di layar smartphone.

Krim Pembersih Mobil

Bahan lain yang bisa digunakan untuk memoles layar smartphone dan menghilangkan goresan halus adalah krim pembersih mobil atau motor.

Caranya kamu hanya perlu mengoleskan krim ke kain lembut kemudian gosok ke layar smartphone kamu secara merata. Seperti goresan di bodi mobil, goresan di layar smartphone akan memudar atau bahkan hilang dengan krim ini.

Karet Penghapus Pensil

Penghapus pensil selain dipakai untuk menghapus tulisan dari pensil juga biasa dipakai untuk membersihkan komponen elektronik. Tapi tidak hanya itu, karet penghapus pensil juga bisa dipakai untuk menghilangkan bekas goresan di layar smartphone.

Caranya dengan menggosokkan karet penghapus ke goresan di layar smartphone hingga goresan itu perlahan memudar, bahkan menghilang.

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga termasuk salah satu bahan sehari-hari yang bisa digunakan untuk membersihkan dan menghilangkan goresan di layar smartphone.

Caranya kamu hanya perlu mengusapkan 1-3 tetes minyak kayu putih di layar smartphone. Jika goresan sudah mulai menghilang, kamu bisa membersihkannya dengan tisu.

Baking Soda dan Bedak Tabur Bayi

Kamu juga bisa membersihkan bekas goresan pada layar smartphone dengan baking soda. Caranya dengan mencampurkan baking soda dan air, komposisinya 2:1 untuk baking soda.

Kemudian kamu bisa mengoleskannya ke layar smartphone dan menggosoknya hingga goresan menghilang, lalu kamu bisa mengelapnya dengan kain kering.

Kamu juga bisa membersihkan goresan pada layar smartphone dengan bedak, caranya dengan mencampurkannya dengan air agar menghasilkan pasta kental. Nantinya pasta ini diusap ke layar smartphone dengan kain.

Setelah pasta bedak diusap dan goresan di layar mulai menghilang, gunakan kain lembut untuk menghilangkan sisa pasta bedak tersebut.

 

 

 

Tinggalkan Balasan