GayaKeren.id – Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) bersama Rumah Kreatif BUMN (RKB) akan mempersembahkan sebuah gelaran rutin tahunan sebagai ajang promosi fashion terbesar di Indonesia bertajuk Indonesia Fashion Week (IFW) 2018 dengan mengusung tema Cultural Identity, sebuah konsep yang mengupayakan ‘Tujuan Pariwisata Untuk Menemukan Inspirasi Fashion’ dengan mengangkat budaya fashion dari tiga kawasan sebagai sorotan utama yaitu Danau Toba di Tanah Batak, Borobudur di Jawa Tengah dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

APPMI sebagai pengayom Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia dan mengangkat harkat dan martabat UMKM anggota APPMI ke ajang Internasional berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia sebagai salah satu perwujudan peningkatan ekonomi Nasional.

Presiden APPMI dan IFW, Poppy Dharsono mengatakan, “IFW merupakan perwujudan Identitas Kebudayaan (Cultural Identity), yang selalu berupaya mendorong industri fashion Indonesia membawa ciri dan kepribadian nasional serta membantu UMKM sebagai basis penggerak industri kreatif kerakyatan khususnya bidang fashion dengan membantu promosi dan mengarahkan produk dan rancangan yang sedang trendi di pasar”.

Menurut Staff Khusus II Kementrian BUMN, Judith Jubilina Dipodiputro bahwa ajang IFW ini merupakan sarana bagi Rumah Kreatif BUMN untuk mengenalkan karya dan produksi pelaku UMKM di sektor fashion yang jadi binaan BUMN.

“Melalui rumah kreatif BUMN, kami ingin memajukan dan mengembangkan usaha pelaku UMKM di berbagai wilayah tanah air dan mempertemukan para binaan RKB BUMN terutama di bidang fashion dengan publik, sehingga dapat memperluas jaringan pemasaran sehingga dapat meningkatkan usaha dan membantu pengembangan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia”, ujar Judith.

Dalam konferensi pers kemarin (15/3/17), pihak IFW menyampaikan bahwa Indonesia Fashion Week kali ini juga didukung oleh Tokopedia sebagai official e-commerce partner dan Wardah sebagai official make up and hair do.

“Industri kreatif Indonesia termasuk bidang fashion masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai penggerak ekonomi nasional yang berbasis kearifan lokal yang mampu mendukung pemberdayaan masyarakat lokal dengan memberikan identitas unik untuk bersaing di pasar Internasional. Semoga kolaborasi Tokopedia dan IFW 2018 ini dapat mendukung lebih banyak lagi desainer lokal dalam mengangkat karyanya ke level nasional bahkan internasional’, ujar Managing Director Tokopedia, Melissa Siska Juminto.

Sabrina Salsabila, Brand Executive Wardah menyampaikan,”kontribusi wardah pada Indonesia Fashion Week tahun ini  merupakan tahun ketiga Wardah sebagai official make up & hair do IFW yang merupakan salah satu bentuk  komitmen kami dalam mendukung penuh kemajuan industri mode Indonesia. Dengan menerjunkan 50 orang tim make up artist di backstage IFW 2018, kami siap mengkreasikan berbagai kebutuhan make up dari masing-masing desainer untuk fashion show di panggung IFW 2018”.

Sebagai pagelaran fashion nasional terbesar, IFW tahun ini merupakan penyelenggaraan ketujuh. Kali ini berkolaborasi dengan 200 perancang mode (lokal dan internasional), 460 peserta pameran merk fashion dan tekstil, workshop dengan pakarnya, kuliner dan ole-ole panganan dari berbagai daerah di Nusantara.

Gelaran IFW akan berlangsung selama lima hari berturut-turut dari tanggal 28 Maret – 1 April 2018 bertempat di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta. Untuk anda yang ingin datang ke IFW 2018 dapat membeli tiket di pintu masuk seharga Rp. 25.000.-

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *