GayaKeren.id – Banyak bahan makanan yang mengandung kalori rendah ternyata justru mengandung kandungan nutrisi yang beragam dan penting untuk kesehatan tubuh. Bahan makanan tersebut juga menimbulkan rasa kenyang lebih lama karena mengandung serat yang cukup melimpah. Rasa kenyang tentu saja tidak identik dengan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh.

Berikut ini adalah lima bahan makanan yang memiliki kalori sangat rendah bahkan mendekati nol namun bernutrisi tinggi dan sangat baik untuk kesehatan dan program diet untuk menurunkan berat badan.

1. Brokoli

Brokoli termasuk salah satu bahan makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A dan Vitamin K yang sangat tinggi. Bahkan manfaat brokoli untuk kesehatan sempat populer karena dipercaya menjadi salah satu sayuran yang memiliki sifat antikanker.

Kandungan mineral seperti tiosianat, indoles, sulforaphane, dan flavonoidnya telah terbukti secara klinis membantu melindungi tubuh dari berbagai serangan kanker seperti kanker prostat, kanker usus besar, kanker kandung kemih, kanker pankreas dan kanker payudara.

Brokoli juga termasuk salah satu bahan makanan yang sangat kaya akan serat. Dengan kandungan serat yang tinggi menjadikan brokoli sebagai makanan yang sangat ideal untuk menunda lapar saat melakukan diet. Serat yang tinggi menyebabkan perut merasa kenyang, namun kalori yang rendah justru dapat menurunkan berat badan, kombinasi yang sangat tepat untuk menu diet sehari-hari.

2. Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga bisa membuat para pelaku diet sehat merasa kenyang lebih lama setelah mengkonsumsinya meskipun dalam jumlah yang kecil. Hal ini mengakibatkan semangka untuk menurunkan berat badan efektif sekali.

Kandungan air yang cukup tinggi dapat menunda rasa lapar yang muncul, hal itu terjadi karena rasa haus sering diasosiasikan dan disalahartikan menjadi rasa lapar. Dengan puasnya rasa dahaga karena konsumsi air yang cukup maka ada kemungkinan rasa lapar pun mereda.

Selain itu semangka juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Aktifitas metabolisme tubuh yang tinggi berakibat meningkatnya kalori yang dibakar. Oleh karena itu mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka sangat dianjurkan sebelum menikmati makanan utama yang mengandung banyak kalori.

3. Wortel

Wortel sudah terbukti bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Wortel memang kaya akan vitamin A dan beta karoten yang bagus untuk kesehatan mata dan sistem penglihatan. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin C, vitamin K, kalium, mangan, fosfor, seng dan folat. Kesemua nutrisi itu memang sangat diperlukan oleh tubuh.

Dengan nutrisi yang melimpah dan sangat bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, wortel mengandung sangat sedikit kalori yang bahkan dapat terbakar melalui proses mengunyah wortel itu sendiri. Apalagi wortel terkenal memiliki tekstur renyah sehingga memerlukan sedikit usaha untuk mengunyahnya secara sempurna.

Wortel sebagai makanan rendah kalori juga sangat bermanfaat bagi pelaku diet yang menderita diabetes. Hal ini terjadi karena disamping wortel mengandung kalori yang kecil, wortel juga dapat menjaga kadar gula daram darah tetap stabil.

4. Tomat

Selain untuk menurunkan berat badan, banyak juga pelaku diet sehat menjalani program ini karena alasan kesehatan, contohnya orang dengan penyakit jantung yang parah. Dan buah tomat ini akan menjadi buah yang tepat bagi mereka.

Penyajian tomat sebagai makanan rendah kalori yang mengenyangkan dapat diolah menjadi jus tomat, atau dimasukkan bersama sayuran lain menjadi sup rendah lemak. Orang yang memiliki penyakit jantung dan ingin menurunkan berat badan akan sangat terbantu dengan kandungan lycopene dalam tomat.

Lycopene adalah antioksidan kuat yang berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh dalam mengubah kalori yang didapat dari makanan menjadi energi. Selain itu, lycopene juga berperan penting dalam penurunan resiko penyakit jantung dan jantung koroner hingga 30 persen. Dua peran dari lycopene ini menyebabkan tomat selalu dicari orang yang mempunyai riwayat penyakit jantung dan sekaligus ingin mengurangi berat badan.

5. Kubis

Banyak yang tidak menyangka kubis merupakan salah satu bahan makanan yang bagus untuk menjaga asupan kalori dalam tubuh. Kubis memang diketahui mengenyangkan saat disantap dalam jumlah dan porsi yang cukup. Namun ternyata kubis mengandung kalori yang cukup rendah untuk ukuran bahan makanan yang cukup mengenyangkan sehingga kubis tergolong makanan rendah kalori yang membuat kenyang.

Kubis juga mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Kubis bahkan dapat mencegah penyakit jantung dan berbagai kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat.

 

 

 

Leave a Reply