Foto : google.com

 

GayaKeren.id – Salah satu permasalahan dalam menjalankan diet sehat bagi sebagian besar kalangan pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan adalah kurangnya pengetahuan dalam pemilihan bahan makanan dan pengetahuan seputar kalori. Padahal pemilihan bahan makanan dan pengetahuan kalori yang memadai adalah dua hal yang sangat penting demi kesuksesan program diet yang dijalani.

Masih banyak pelaku diet sehat yang menghubungkan jumlah kalori dalam makanan dengan rasa kenyang yang dirasakan atau bahkan dengan porsi makanan yang dihidangkan. Bahkan ada pula yang menganggap bahwa jumlah kalori yang terkandung dalam sebuah bahan makanan menunjukkan jumlah nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan tersebut.

Kesalahpahaman pengetahuan tentang kalori seperti ini mengakibatkan para pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan merasa kesulitan untuk memilih bahan makanan terbaik untuk daftar menu diet sehat sehari-hari.

Disisi lain, terkadang ada juga yang merasa takut mengkonsumsi banyak sayur karena menganggap semakin banyak sayur yang masuk dan perut merasa kenyang maka semakin banyak kalori yang diperoleh tubuh.

Dan juga sebaliknya, banyak orang yang mengkonsumsi kue yang mengandung banyak gula dan dalam porsi besar sama sekali tidak merasa bersalah. Kenapa? Karena menganggap sebelum perut merasa kenyang, maka nutrisi yang diperlukan oleh tubuh belum tercukupi. Bahkan ada yang sengaja mencari makanan berkalori tinggi karena menganggap nutrisi yang dikandungnya juga akan tinggi dan baik untuk kesehatan.

Berbagai pemahaman seperti itu masih sering ditemui pada pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan. Hasilnya mudah ditebak, program diet akan berjalan gagal. Bukan penurunan berat badan yang didapat namun malah kenaikan berat badan yang akan dialami.

Ingat! Jumlah kalori tidak berhubungan dengan rasa kenyang dan jumlah nutrisi.

 

 

Please follow and like us:

Leave a Reply