Foto : google.com / Ist

 

GayaKeren.id – Kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal gaib alias mistis masih lekat di Indonesia. Beberapa jenis tanaman pun ada yang identik dengan hal-hal mistis itu.

Salah satu tanaman yang lekat dengan hal mistis adalah daun kelor. Tanaman ini dahulu kerap dipakai untuk mengusir makhluk halus. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tanaman yang dikaitkan dengan hal mistis, tapi penuh manfaat.

  1. Daun kelor

 

Ada banyak mitos yang mengatakan daun kelor bisa mengalahkan kekuatan makhluk halus. Masyarakat percaya kesaktian seseorang akan hilang jika berhadapan atau memakan daun kelor. Untuk membantu melepas kesaktian, orang tersebut “disapu” dengan daun kelor agar meninggal dengan tenang.

Saat jasadnya dimandikan, orang tersebut juga disapu lagi dengan daun kelor supaya bersih dari segala makhluk dan benda mistis yang masih menempel pada jasadnya.

Padahal, daun kelor memiliki banyak manfaat. Berbagai daerah daun kelor digunakan sebagai sayur, teman makan dengan nasi dan lauk untuk makanan sehari-hari. Untuk kesehatan sendiri, hasil penelitian organisasi kesehatan dunia menyatakan bahwa daun kelor adalah alternatif kesehatan paling murah di dunia selama ini.

Bahkan mereka menganjurkan agar balita bisa mengonsumsi daun kelor untuk membantu pertumbuhan mereka.

  1. Bunga melati

Masyarakat Indonesia percaya, jika mencium aroma bunga melati, itu artinya ada makhlus halus di sekitar kita. Kesan bunga melati dengan hal-hal horor semakin melekat sejak bunga ini banyak digunakan sebagai properti film horor yang diperankan oleh Ratu Horor, Suzanna.

Bahkan Suzanna memakan langsung bunga melati. Hal ini diyakini oleh Suzanna bisa membuatnya awet muda.

Padahal, melati bagus untuk kesehatan. Bunga ini diyakini bisa untuk mengobati demam dan sakit kepala. Caranya sangat sederhana dengan siapkan segenggam bunga melati, kemudian remas-remas bunga melati hingga agak hancur dan rendam dalam air. Dilanjutkan air bunga melati kemudian digunakan untuk mengompres dahi.

  1. Daun Sirih

Daun sirih sejak dahulu kala dipercaya sebagai media pengobatan akibat gangguan makhluk halus. Namun, perlu diingat daun sirih juga bermanfaat untuk tubuh. Daun sirih bisa untuk mengatasi mimisan (hidung berdarah). Caranya, lintingkan dua lembar daun sirih segar yang telah dibersihkan ke dalam kedua lubang hidung sampai darah berhenti mengalir.

Daun sirih juga sangat berguna untuk kecantikan. Salah satunya bisa mencegah jerawat. Caranya sangat mudah, tumbuk daun sirih hingga halus, kemudian seduh ke dalam satu gelas air panas. Gunakan untuk membasuh muka. Lakukan terus sehari dua kali sampai jerawat hilang, jika belum cobalah alternatif lain yang lebih efektif.

  1. Sawo becik

Bagi masyarakat Jawa disebut juga sawo becik atau serba baik. Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, jika masyarakat menanam pohon sawo di depan rumahnya akan membawa keberuntungan dan mendapatkan kebaikan bagi siapa saja yang menanamnya.

Manfaat sawo kecik sendri sangat banyak untuk kesehatan, antara lain bisa menurunkan kolestrol. Karena sawo kecik ini memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid yang tinggi pada buah ini bisa mencegah dan menurunkan kolestrol yang ada di dalam tubuh. Jadi tidak heran jika buah ini paling banyak dicari untuk mengatasi kolestrol karena sangatlah berkhasiat.

 

Sumber : merdeka.com

 

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan