GayaKeren.id – Pijat refleksi merupakan salah satu ilmu medis tradisional yang mendalami tentang kesehatan berbasis pijatan rileksasi tertentu, yang diaplikasikan ke bagian tubuh. Pijat refleksi dilakukan dengan menggunakan alat jika diperlukan, tapi kebanyakan orang lebih memilih menggunakan tangannya langsung. Karena dengan tekanan yang diberikan oleh ujung jari, seorang pakar refleksiologi bisa mendiagnosis langsung bagian-bagian manakah yang berhubungan dengan keluhan kita.

Salah satu pijat refleksi yang paling banyak dilakukan yaitu pemijatan-pemijatan kecil yang dilakukan oleh individu itu sendiri, salah satunya bagian telapak kaki. Bahkan ahli berpendapat, pijatan ini bisa kamu lakukan setiap hari dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk langkah penerapannya : Kamu bisa memijat pada bagian telapak kaki ( lihat gambar ), yaitu dengan sentuhan ujung jari yang ditekan sedikit-sedikit dengan rata. Lakukan pemijatan ini selama 5 sampai 10 menit sebelum kamu beranjak tidur.

Hal ini bisa membantu kesehatan anda dalam proses pelancaran sirkulasi / peredaran darah dalam tubuh, sehat untuk kulit kaki, bahkan ampuh mengatasi pegal – pegal. Selain itu pemijatan ringan seperti ini, dapat kamu lakukan dengan rutin setiap hari untuk mengatasi ketegangan otot, yang bisa menyebabkan kontraksi otot menjadi kram.

 

 

Leave a Reply