Manfaat Olahraga Trampolin Bagi Kesehatan

 

GayaKeren.id – Olahraga trampolin belakangan ini populer dilakukan oleh banyak orang. Cara main yang melompat-lompat dianggap menyenangkan. Beberapa tahun belakangan trampolin sudah dijadikan olahraga yang diperlombakan, salah satunya di ajang Asian Games 2018.

Selain menyenangkan, tenyata trampolin juga memiliki manfaat bagi kesehatan lho.

Dirangkum dari beberapa sumber, inilah 5 manfaat kesehatan bermain trampolin.

1. Meningkatkan kekuatan kaki

Seorang dewasa yang melakukan permaianan olahraga trampolin selama 30 menit dua kali dalam seminggu akan mengalami peningkatan yang baik pada kekuatan kakinya. Hasil yang sama dilaporkan oleh pelatih senam yang secara teratur bermain trampolin.

2. Tulang lebih kuat

Melakukan lompatan menggunakan tulang secara berulang kali membantu sistem muskuloskeletal membangun dan meningkatkan kandungan mineral pada tulang. Dilakukan secara rutin dapat membantu mencegah tulang rapuh atau osteoporosis.

3. Meningkatkan metabolsime

Latihan trampolin mampu meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh memproses nutrisi lebih efisien. Selain itu trampolin juga membantu menurunkan berat badan.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Saat melakukan gerakan dan lompatan trampolin maka aliran darah akan meningkat, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekuatan efisiensi jantung, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Meningkatkan kekuatan mental

Peningkatan aliran darah ke otak dan aktivitas enzim yang besar dihasilkan dari permainan trampolin. Hal itu dianggap dapat meningkatkan kewaspadaan mental, meningkatkan penglihatan, dan keseimbangan.

Wah selain seru ternyata banyak manfaat permainan trampolin bagi kesehatan ya guys. Jangan lupa buat kamu yang baru pertama kali melakukan permainan ini agar mengikuti panduan supaya tidak terjadi cedera.