GayaKeren.id – Punya wajah berminyak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Plusnya, kamu yang memiliki wajah berminyak akan mengalami penuaan dini yang lebih lambat dibanding mereka yang memiliki kulit kering. Minusnya, selain membuat tampilan wajah kadang terkesan kusam, wajah berminyak juga kadang membuat makeup susah menempel. Tapi, nggak perlu khawatir. Berikut GayaKeren.id kasih tips dan cara make up untuk wajah berminyak. Baca terus yuk!

Gunakan Es Batu

Siapa yang menyangka es batu yang biasa dipakai untuk minuman ternyata memiliki manfaat untuk kulit wajah? Selain bisa membuat wajah jadi lebih segar, es batu juga berguna untuk mengecilkan pori-pori wajah. Selain itu, es batu akan membantu mengontrol kadar minyak. Caranya juga mudah. Setelah membersihkan wajah, gunakan es batu yang dilapisi handuk untuk mengompres wajahmu. Lakukan hal ini selama lima hingga sepuluh menit.

Selalu Gunakan Primer

Apapun jenis kulit wajahmu, salah satu kunci supaya makeup lebih tahan lama adalah kulit wajah yang bersih dan sudah ‘siap’ menerima produk kosmetik yang akan diaplikasikan. Untuk yang memiliki kulit wajah berminyak, primer akan membantu menyiapkan kulit wajahmu.  Aplikasikan pada wajah dan fokuskan pada daerah T-zone seperti jidat, hidung, dan dagu.

Jangan Lewatkan Penggunaan Pelembap

Jika kamu berpikir kulit berminyak tidak memerlukan pelembap lagi, then think again. Salah satu hal yang bisa menyebabkan kulit berminyak adalah kondisi kulit wajah yang sangat kering sehingga wajah memproduksi minyak alami yang akhirnya membuat wajah berminyak. Itulah kenapa kamu tetap membutuhkan pelembap. Gunakanlah pelembap yang ringan dan memiliki label oil-free atau water-based. Kamu juga bisa lho menggunakan aloe vera gel sebagai pelembap wajah..

Gunakan Kosmetik Berlabel Oil-free

Tips dan cara make up untuk wajah berminyak yang selanjutnya adalah gunakan kosmetik berlabel oil-free. Mulai dari sunscreen, pelembap, foundation atau bb cream, hingga bedak, pastikan kamu memilih produk yang memiliki label oil-free dan non-comedogenic. Sedangkan untuk riasan mata, pilihlah produk dengan label water-proof agar tidak mudah luntur.

Gunakan Bedak Tabur

Bedak juga memiliki peran penting lho dalam mengatur kadar minyak di wajah. Pilihlah bedak tabur yang cocok untuk kulit wajah berminyak. Jangan lupa juga selalu sediakan translucent powderatau bedak transparan untuk touch up.

Gunakan Setting Spray

Untuk mengunci makeup dan membuatnya tahan lama serta tidak mudah luntur, gunakanlah setting spray. Ini akan membantu makeup-mu jadi lebih menempel lho.

Selalu Siapkan Kertas Minyak

Nah, yang satu ini wajib ada di tas. Ketika akan touch up, pastikan kamu menggunakan kertas minyak dulu untuk menyerap minyak berlebih pada wajah.

Yuk dicoba tips dan cara make up untuk wajah berminyak! Dijamin makeup-mu akan menempel lebih lama!

 

 

Tinggalkan Balasan