GayaKeren.id – Gadget saat ini merupakan sebuah benda yang tidak bisa terpisahkan dari aktifitas sehari-hari. Bagaimana tidak? kemana pun pergi gadget selalu dibawa apapun yang ada selalu bisa di akses dengan gadget.

Semenjak berkembangnya jaman anak kecil sekarang sudah banyak yang kecanduan dengan gadget bahkan anak balita pun sudah tau gadget sangat disayangkan sekali ini semua karena factor dibiasakan oleh orang tuanya. Anak kecil jaman sekarang sangat jauh beda dengan dahulu yang dimana hanya bemain masak-masakan, kelereng dan lainnya.

Memang pada dasarnya anak boleh diperkenalkan kepada gadget, tetapi tidak berlebihan dan tidak terlalu jauh mengenalnya hal itu sangat tidak baik untuk perkembangnyya pemikiran anak kedepannya, kerena jika sudah kecanduan akan sulit untuk terlepas.

Jika anda memiliki anak yang sudah mengalami kecanduan gadget maka jangan hanya tinggal diam, melainkan carilah cara atau panduan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut agar tidak berlebihan dalam bermain gadget.

Dan jika seorang anak sudah mulai kecanduan gadget akan berdampak negative karena kemanapun ia pergi tentu tidak bisa lepas dari gadget tersebut, bahkan makan pun bisa jadi akan dibawa saking asiknya bermain gadget anak akan lupa untuk belajar, bergaul dengan teman dan akan menjadi malas karena sudah kecanduan dengan gadget.

Tips cara mengatasi agar anak bisa terbiasa tanpa gadget :

  • Harus dibataskan hanya seminggu dua kali dan diberi waktu.
  • Ajaklah anak bermain diluar rumah.
  • Berikan mainan alternative seperti boneka atau mobil-mobilan.
  • Ajaklah anak menganal alam.
  • Luangkan waktu anda untuk anak. Apabila anda menginginkan si anak tidak kecanduan gadget maka ada baiknya anda meluangkan waktu untuk bermain bersama anak.
  • Sibukan waktu kegiatan anak. Semakin banyak waktu yang dimiliki oleh anak maka akan semakin banyak peluang untuk merasa bosan.
  • Berikan motifasi atau dukungan kepada si anak.
  • Ajaklah anak anda untuk bersosialisasi dengan teman sabayanya.

Mulailah dari sekarang sebelum anak anda terlalu parah dalam bermain gadget, karena kalau dibiasakan juga bisa menyebabkan mata anak menjadi tidak normal pada mata seumurannya. Kalau bukan kita yang mencegahnya siapa lagi..?!

 

 

Leave a Reply