GayaKeren.id – Penyakit gondok merupakan suatu kondisi gangguan penyakit berupa pembesaran kelenjar tiroid yang tidak normal. Umumnya, gondok tidak termasuk kanker maupun tumor.

Sekalipun tidak menimbulkan rasa sakit, namun gondok bisa terus tumbuh membesar hingga membuat penderita merasa kesulitan bernapas, batuk-batuk dan kesulitan untuk menelan. Penyakit gondok juga umum terjadi, dan lebih banyak menyerang perempuan dibanding laki-laki.

Gejala Gondok :

>    Tenggorokan terasa sesak dan kencang

>    Batuk-batuk

>    Benjolan terlihat pada bagian rahang bawah atau pangkal leher

>    Kesulitan menelan

>    Tenggorokan kering dan serak

>    Kesulitan bernapas.

Penyakit gondok juga bisa menyerang siapapun tanpa mengenal usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit gondok juga bisa dikendalikan dengan mengurangi faktor-faktor risikonya. Pertumbuhan terhadap setiap orangnya pun berbeda-beda.

Namun umumnya dapat terus membesar jika tidak segera ditangani. Penyebab terjadinya penyakit gondok pun beragam. Seperti kekurangan yodium, penyakit autoimun, peradangan, kanker tidoid, dan lainnya. Untuk pengobatannya sendiri, selain cara medis bisa pula memanfaatkan cara tradisional.

Salah satunya dengan memanfaatkan daun sirsak. Selain dipercaya berkhasiat untuk pengobatan kanker, daun sirsak juga memiliki manfaat baik untuk pengobatan gondok. Di dalam daun sirsak terkandung beberapa senyawa berkhasiat untuk pengobatan gondok.

Cara Mengobati Gondok dengan Daun Sirsak

Sifat-sifat seperti antibakteri, antitumor, antivirus dan lainnya terdapat di dalam kandungan daun sirsak. Yang secara keseluruhan kandungan-kandungan tersebut bisa berkhasiat untuk pengobatan gondok Anda. Maka dengan banyaknya kandungan tersebut, bisa membuat daun sirsak berkhasiat untuk pengobatan.

 

 

Leave a Reply