GayaKeren.id – Jika kamu memiliki kondisi kulit yang memerah, terasa perih, hingga mengelupas, besar kemungkinan kulit kamu sedang mengalami iritasi. Penyebab dari kulit iritasi sebenarnya dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Bisa jadi karena sinar matahari, bisa juga karena kandungan skin care yang terlalu keras, terlalu sering melakukan eksfoliasi  hingga disebabkan oleh proses waxing. Kalau kulit sudah mengalami iritasi, kamu tentu perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk yang akan diaplikasikan pada kulit. Jika sampai keliru dalam menggunakan produk, kondisi iritasi kamu bisa jadi makin parah, lho! Nah, kalau kulit sudah terlanjur iritasi, berikut ada beberapa kandungan skin care yang dapat kamu gunakan untuk meredakannya.

  1. Shea Butter

Selain identik dengan khasiatnya untuk melembapkan kulit, kandungan yang satu ini juga bisa menjadi salah satu ingredient penyelamat kulit kamu di kala iritasi. Berkat kandungan fatty acids (oleic acid, linoleic acid, steary acid) yang dimilikinya, shea butter dapat mendorong regenerasi sel yang akan turut membantu proses pemulihan kulit. Oleh karena itu, shea butter kerap kali digunakan untuk membantu memulihkan kulit terbakar, kulit iritasi, kulit kering, hingga eczema.

  1. Aloe Vera

Kandungan yang sempat menjadi primadona di awal tahun 2018 ini memang dikenal memiliki segudang manfaat untuk perawatan, baik dari ujung kepala hingga ujung kaki. Salah satu khasiatnya adalah untuk membantu meredakan kulit yang iritasi. Kerap disebut sebagai tanaman obat atau apotik hidup, aloe vera mengandung auxin dan gibberellins, dua hormon tumbuhan yang memiliki khasiat membantu memulihkan luka dan anti-inflamasi, sehingga aloe vera mampu mempercepat proses pemulihan kulit yang bermasalah, seperti iritasi, pecah-pecah, bahkan luka.

  1. Allantoin

Allantoin adalah phytochemical yang diekstraksi dari tumbuhan. Kandungan ini baik digunakan pada kulit yang iritasi karena allantoin akan membantu menenangkan kulit bermasalah dan mendorong regenerasi sel-sel kulit baru. Selain itu, allantoin juga bersifat anti-inflamasi dan anti-irritant yang membantu mempercepat proses pemulihan kulit iritasi sekaligus memiliki efek melembapkan kulit. Bahkan, Federal Drug Association (FDA) juga sudah menyetujui klaim allantoin yang bekerja untuk membantu kulit iritasi, lho!

  1. Calendula

Mulai dari toner, cleansing oil, hingga moisturizer, calendula telah banyak digunakan dalam berbagai produk skin care. Penggunaan calendula sebagai bahan utama tentunya bukan tanpa alasan. Calendula ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit, di antaranya untuk membantu mengatasi luka bakar, ruam, inflamasi, luka, dan kulit yang iritasi. Hal ini tidak lepas dari khasiat calendula yang bersifat antiseptik, anti-fungal, anti-inflamasi, dan anti-bakteri.

  1. Centella Asiatica

Centella asiatica merupakan salah satu kandungan skin care yang saat ini tengah populer. Saat diaplikasikan secara topikal, centella dapat membantu mengurangi inflamasi, mempercepat proses pemulihan kulit, mendorong regenerasi sel, hingga mendorong produksi kolagen. Wah, lengkap sekali, ya! Dari sekian banyak manfaatnya, salah satu khasiat utama centella asiatica adalah khasiatnya untuk menenangkan serta membantu mengembalikan kondisi kulit yang optimal.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *