GayaKeren.id – Biasanya anak bakal melawati fase di mana mereka sulit diatur. Termasuk untuk urusan belajar nih, Bun. Bukan nggak mungkin beberapa anak susah banget disuruh belajar.

Praktisi parenting Edy Wiyono atau Ayah Edy mengatakan ketika anak sulit disuruh belajar, banyak orang tua mengeluh dan malah memarahi anaknya. Padahal itu bisa bikin anak makin tertekan dan memberontak.

“Salah satu penyebab anak tidak mau belajar mungkin karena bidang tersebut tidak sesuai dengan minat yang dimiliki si kecil. Oleh sebab itu, baiknya gali minat anak sejak dini. Gali potensi dan mimpi mereka sejak kecil. Hindari memaksa anak tetap belajar dengan cara marah-marah atau memberikan ancaman,” kata Ayah Edy pada satu kesempatan talk shownya.

Ada 6 tips yang bisa orang tua coba agar anak bisa lebih mandiri dalam belajar dan pastinya mereka lebih semangat belajar seperti dilansir Kidspot :

  1. Buat jam belajar

Setiap anak memiliki fase-fase belajar, dari mulai TK sampai perguruan tinggi pastinya waktu belajar mereka berbeda. Namun, di usia sekolah dasar Bunda dan Ayah bisa mulai membiasakan anak belajar dua jam sehari.

  1. Tidak memaksa anak untuk terus belajar

Hindari memaksa anak belajar padahal kita tahu anak sudah lelah di sekolah. Untuk itu, coba ajak anak istirahat sejenak dan mencoba untuk memberikan jeda supaya anak tenang dan santai ketika belajar Bun. Jangan lupa, selalu ajak anak ngobrol tentang bagaimana aktivitasnya di sekolah hari itu.

  1. Buat rutinitas untuk anak

Jika setelah sekolah anak masih mengikuti les musik, bimbingan belajar (bimbel) atau kegiatan olahraga. coba buat perencanaan atau struktur rutinitas. Ini bermanfaat membiasakan anak melakukan segala hal secara terstruktur hingga dia punya waktu seimbang untuk bermain dan belajar, Bun.

  1. Matikan gadget saat anak belajar

Ketika anak sedang belajar pastikan semua alat elektronik seperti TV, gadget, handphone dan alat pemutar musik lainnya dimatikan. Tujuannya, supaya anak bisa fokus belajar. Jangankan anak-anak, kita saja orang dewasa ketika mengerjakan sesuatu ada yang mudah banget terdistraksi dengan nyalanya perangkat elektronik kan, Bun?

  1. Beri saran bila anak mengalami kesulitan atau kegagalan di sekolah

Setelah anak belajar, orang tua bisa menanyakan bagaimana aktivitasnya di sekolah dan gimana pelajarannya di sekolah susah atau nggak misalnya. Usahakan jangan langsung menyalahkan atau mengkritik anak saat dia melakukan hal yang kurang tepat ya, Bun. Lebih baik beri anak saran agar mereka lebih termotivasi lagi untuk belajar.

Jangan lupa tetap apresiasi anak atas prestasi sekecil apapun yang sudah dia capai di sekolah

  1. Berinteraksi dengan anak

Bun, kita harus tahu bagaimana perkembangan anak di sekolah. Caranya, selalu tanyakan gimana perasaan dan aktivitas anak di sekolah. Jangan hanya jadi ‘satpam’ yang menanyakan ada PR atau nggak pada anak. kemudian menanyakan perkembangan belajarnya. Orang tua juga harus tahu aktivitas anak setiap hari di sekolah supaya mereka merasa proses belajarnya dihargai.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *