GayaKeren.id –  Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Dari berbagai jenis rambut itu tentu mempunyai masalah yang berbeda-beda pula. Salah satunya ialah rambut berminyak.

Tentu, hal itu mampu membuat penampilan jadi kurang fresh dan cenderung membuat seseorang kurang percaya diri. Ternyata, rambut berminyak disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari polusi sampai terkena paparan sinar matahari yang terus-menerus.

Untuk mengatasinya, biasanya cukup menggunakan sampo khusus. Namun, bagi Anda yang ingin lebih alami, Anda bisa menggunakan dengan bahan-bahan yang bisa Anda pakai dari rumah. Dilansir liputan6.com, berikut ulasannya.

Baking soda

Bahan ini kerap ditemukan didapur yang biasanya digunakan untuk membuat kue. Baking soda adalah nama lain untuk natrium bikarbonat yang juga dikenal sebagai soda bikarbonat.

Nah, kamu bisa gunakan untuk mengatasi rambut berminyak pada kulit kepala agar tidak mudah kering dan rontok. Caranya pun cukup mudah, ambil 3 sendok baking soda yang dicampur 1 liter air dan oleskan pada kulit kepala. Tunggu selama 20 sampai 30 menit dan bilaslah rambut dengan air dingin. Kamu bisa melakukan secara rutin setiap dua kali dalam seminggu.

Cuka apel

Cuka Apel biasanya digunakan untuk beragam perawatan kecantikan. Mengatasi masalah jerawat misalnya. Selain itu, cuka apel juga bermanfaat untuk mendetoks kulit kepala dengan mengontrol produksi minyak tanpa mengurangi kelembapan rambut.

Selain itu, cuka apel juga mampu mengunci folikel rambut untuk menghindari kerontokan rambut. Cuka apel juga bisa kamu gunakan sebagai sampo. Caranya, kamu cukup campurkan 2 sendok cuka apel dengan segelas air panas lalu baurkan pada kulit kepala selama 5 menit dan dibilas.

Gula merah dan minyak zaitun

Selain kedua bahan tersebut adapula bahan lain yang bisa digunakan dan mudah didapatkan di rumah. Bahan itu yakni gula merah dan minyak zaitun.

Jika kulit kepalamu berminyak, kamu bisa menggunakan kedua bahan tersebut untuk dioles di kulit kepala. Lakukan selama tiga menit sambil memijat secara perlahan. Lalu, kamu bilas dengan air dingin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *