.

GayaKeren.id – Wajah berminyak menjadi salah satu masalah kecantikan wajah yang sering dialami. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan wajah Anda berminyak, bahkan saat bangun tidur. Mulai dari faktor dari dalam tubuh Anda sendiri hingga produk kecantikan yang Anda gunakan.

Meskipun begitu, tidak semua orang mengalami hal ini. Ada beberapa orang yang memang memiliki produksi sebum atau minyak yang biasa saja dan tidak terlalu banyak di malam hari. Selain itu, kondisi ini juga mungkin dipengaruhi oleh genetik. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab kulit berminyak saat bangun tidur, dilansir dari Hello Sehat.

1. Kondisi Hormon

Jika wajah terlihat mengkilap ketika Anda bangun tidur, bisa jadi disebabkan oleh kadar hormon yang meningkat di malam hari. Jadi, hormon merangsang kelenjar minyak di kulit untuk memproduksi minyak lebih banyak.

Sebenarnya, secara alami minyak akan diproduksi setiap saat supaya kulit tidak kekeringan dan mencegah infeksi bakteri. Nah, saat tidur terjadi perubahan hormon yang membuat kadar minyak diproduksi berlebihan. Ada beberapa faktor yang juga bisa memengaruhi keluarnya sebum ini di malam hari seperti cuaca yang lembab, stres, dan siklus menstruasi.

2. Kulit Terlalu Kering

Wajah berminyak saat bangun tidur juga bisa disebabkan karena kondisi kulit kering. Jadi, ketika kulit wajah Anda di malam hari terlalu kering, maka selama semalaman minyak akan diproduksi supaya kulit tidak makin kering.

Kulit kering bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti make up, makanan, dan cuaca. Ketika kulit terlalu kering, maka kelenjar akan otomatis menciptakan lebih banyak minyak untuk menggantikan airnya yang hilang.

3. Membersihkan Wajah Berlebihan

Terlalu sering membersihkan wajah ternyata juga bisa memicu wajah jadi sering berminyak. Tujuan membersihkan wajah adalah untuk menghilangkan minyak. Ketika Anda terlalu sering mencuci muka, Anda akan membuang terlalu banyak minyak dari kulit.

Nah, ketika itu terjadi, kelenjar minyak akan mendeteksi bahwa kulit kekurangan minyak, sehingga minyak akan diproduksi lebih banyak. Sebaiknya sebelum tidur jangan mencuci muka berlebihan, cukup mencuci muka satu kali saja sebelum tidur.

Untuk menghindari wajah berminyaksaat bangun tidur, hindari kebiasaan di atas. Selain itu, lakukan perawatan kecantikan dengan tepat agar Anda terhindar dari masalah kecantikan seperti kulit berminyak ini.

.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *