GayaKeren.id – Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) bekerjasama dengan Cancer Information and Support Center (CISC Paru/CISC For Lung), mencanangkan Gerakan Nasional Indonesia Peduli Kanker Paru (IPKP). Gerakan ini hadir sebagai wadah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta semua pihak terkait terhadap pentingnya promotif, preventif/pencegahan, deteksi dini, serta diagnosa dan pengobatan kanker paru sesuai pedoman penatalaksanaannya mengingat kanker paru adalah kanker paling mematikan nomor satu yang telah membunuh hampir 1,7 juta orang setiap tahunnya.

Aryanthi Baramuli Putri selaku Ketua Umum Cancer Information and Support Center (CISC), menyatakan, “Masyarakat sangat membutuhkan informasi tentang kanker khususnya kanker paru seperti faktor resiko, gejala serta diagnosa dan metode pengobatan yang sesuai dengan pedoman penatalaksanaannya mengingat masih tingginya stigma dan mitos tentang kanker paru. Hal ini mendorong kami sebagai wadah pasien / penyintas kanker untuk bersama Perhimpunan Dokter Paru Indonesia mencanangkan gerakan nasional Indonesia Peduli Kanker Paru. Kedepannya IPKP akan mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyelenggarakan upaya penanggulangan kanker paru dan dengan adanya gerakan nasional ini diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi dan memberikan dukungannya dan suara aktif dalam menekan angka kesakitan dan kematian akibat kanker paru di Indonesia.“

Gerakan yang dilaunching disertai dengan konfrensi press yang digelar di bilangan Jakarta Pusat, Rabu (11/2) ini menjadikan dua publik figur Indonesia sebagai Duta Gerakan Nasional Indonesia Peduli Kanker Paru, Melly Goeslaw dan Indro Warkop. Dalam kesempatan yang sama Melly menyampaikan, “ Riwayat keluarga saya yang merupakan penderita kanker telah mendorong saya untuk peduli dan peka dengan situasi kanker di Indonesia. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi Gerakan Nasional Indonesia Peduli Kanker Paru. Saya sebagai salah satu duta IPKP akan membantu menyebarkan informasi mengenai promotif, preventif/pencegahan, deteksi dini, serta diagnosa dan pengobatan kanker paru serta memberikan dukungan penuh untuk teman-teman dan keluarga yang tengah berjuang melawan kanker paru pada saat ini. Saya ingin meongajak teman – teman untuk memberikan dukungannya terhadap gerakan ini agar seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan pemahaman yang tepat mengenai kanker paru dan penanganannya.”

CISC merupakan komunitas kanker yang berpusat di Jakarta sejak tahun 2003 yang memiliki cabang di sebelas kota yaitu Manado, Batam, Semarang, Padang, Yogyakarta, Palembang, Palangkaraya, Samarinda, Banjarmasin, Medan dan Bengkulu yang mempunyai visi menjadi lembaga unggulan dalam memberikan dukungan serta layanan informasi pada masyarakat kanker dan awam menuju “Indonesia Peduli Kanker”. Cancer Information and Support Center (CISC), melalui salah satu divisinya, CISC Lung, meluncurkan gerakan nasional Indonesia Peduli Kanker Paru (IPKP yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran yang lebih kuat terhadap urgensi kanker paru-paru, kanker paling mematikan di dunia, juga di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *