Dampak Buruk Orang Tua Bertengkar Depan Anak

 

GayaKeren.id – Orang tua bertengkar di depan anak, pastinya membuat anak ketakutan, tak jarang mereka menangis saat melihat orangtuanya bertengkar. Namun, apakah efeknya berhenti di situ saja? Ternyata tidak.

Orang tua bertengkar dengan sering di depan anak bisa menyebabkan masalah gangguan kecemasan dan dampak psikologis lain terhadap anak. Dan efeknya bisa berdampak jangka panjang terhadap tumbuh kembang anak.

Apa dampak buruk orang tua bertengkar di depan anak?

Orang tua bertengkar di depan anak bisa memengaruhi mental anak, kesehatan, performa akademik, hingga kehidupan sosial yang melibatkan pertemanan dan hubungan cinta di masa depan.

Sebuah studi menyatakan, anak yang tumbuh di lingkungan penuh konflik akan memiliki masalah kesehatan fisik, emosional dalam jangka panjang.

Ketika anak sering melihat orang tua bertengkar, mereka menjadi cemas, khawatir, bahkan frustasi. Dan mereka akan melampiaskannya dengan cara rewel, tantrum, hingga prestasi yang menurun di sekolah.

Meskipun bertengkar merupakan salah satu cara menyelesaikan konflik bagi orangtua, namun dampaknya tidak selalu baik bagi anak. Saat orangtua sudah berbaikan, kenangan saat melihat orangtuanya bertengkar tetap melekat dalam ingatan anak, dan kecemasannya hanya berkurang sedikit.

Meskipun anak tidak paham apa yang membuat orangtuanya bertengkar, tapi mereka tahu jika orangtuanya sedang saling membenci. Ketika dia melihat Bunda membanting pintu, atau Ayah dan Bunda tidak saling berbicara, dia akan tahu bahwa ada yang tidak beres dalam hubungan orangtuanya.

Anak-anak sangatlah peka, memiliki intuisi yang tajam dan bisa merasakan emosi serta mood orangtua.

E. Mark Cummings, seorang psikolog di Universitas Notre Dame mengatakan, “Beberapa penelitian yang telah kami lakukan, menunjukkan bahwa perilaku orangtua yang saling menjauh memiliki dampak jangka panjang yang buruk dalam proses adaptasi anak.”

“Anak-anak memahami sikap bermusuhan yang ditunjukkan orangtuanya. Namun, karena mereka tidak bisa melakukan apapun, anak jadi gelisah karena dia tahu ada yang salah dalam hubungan orangtuanya,” tambahnya.

Melansir dari laman Psychology Today, Marilyn Wedge seorang terapis keluarga mengatakan, “Jangan bertengkar di depan anak, selesaikan perselisihan Anda berdua di luar rumah. Cari bantuan konselor pernikahan jika masalah rumah tangga yang dihadapi terlalu berat.”

Melihat orangtua bertengkar, bisa membuat anak menyalahkan dirinya sendiri dan menyebabkan perilaku negatif berkembang.

 

 

Sumber : TheAsianParent

 

 

Perpaduan Celana Kulot Yang Bikin Penampilan Makin Kece & Kekinian

 

GayaKeren.id – Biasanya, celana kulot identik dengan penampilan santai dan juga mengarah ke gaya ibu-ibu. Wajar saja sih, bahannya yang dari kain yang cukup santai memang mengesankan begitu. Dulu, mana ada cewek yang mau pakai celana kulot. Nanti umurnya dikira lebih tua dari aslinya.

Tapi semua bisa berubah karena sebuah trend! Yap, kini bisa dibilang hampir semua cewek wajib punya celana kulot di lemarinya. Nggak cuma buat ngantor saja. Dari cuma sekedar makan siang bareng temen, hang out sama pacar, diajak ke rumah camer, kondangan sampai buat ke kampus, celana kulot adalah bawahan yang bisa kamu pakai di segala acara. Asal padanannya pas, kamu nggak akan terlihat tua dari umurmu dan akan jauh dari kesan formal ala ibu-ibu.

Makanya, simak baik-baik mix and match celana kulot yang dilansir dari Hipwee Style.

1. Siapa bilang kulot bikin kamu terlihat seperti ibu-ibu? Celana kulot di bawah lutut ini cocok untuk jalan-jalan di minggu pagi

2. Cuma pakai atasan kaos saja udah kece banget. Jangan lupa sneakersnya ya! Biar penampilanmu makin maksimal

3. Dipadankan dengan kemeja yang juga berukuran agak longgar nggak membuat celana kulot jadi mati gaya. Coba deh!

4. Kalau lagi pengen santai ke kantor atau kampus, padanan kulot dengan atasan kemeja yang dimasukkan bisa jadi solusi

5. Kulot dengan baju model kodok seperti ini terlalu lucu untuk kamu lewatkan. Wajib punya 1 di lemari sih kalau ini

6. Meski bercelana, kamu jauh dari kesan menampakkan bentuk tubuh. Pakai celana kulot memang solusi kalau kamu berhijab

7. Ternyata oke juga kalau celana kulot kamu padankan dengan memakai outer seperti ini. Apalagi sekarang lagi musim hujan

8. Jeans kulot yang dipadankan dengan outerbercorak ramai dengan kemeja putih seperti ini bikin penampilan vintagemu dapet banget!

 

 

Kebiasaan-Kebiasaan Yang Jadi Penyebab Wasir

 

GayaKeren.id – Wasir adalah salah satu jenis penyakit yang umum terjadi pada masyarakat Indonesia. Wasir terjadi ketika pembuluh darah balik (vena) di daerah anus membengkak dan meradang, sehingga menghambat aliran darah dari pembuluh balik. Penyakit ini dianggap tidak berbahaya karena mengingat letaknya. Wasir juga biasa disebut dengan hemorrhoid atau nama yang lebih umum adalah ambeien.

Wasir biasanya disebabkan oleh pola makan dan pola hidup yang tidak baik. Seseorang biasanya akan terlambat menyadari bahwa ia mengidap wasir. Padahal, pertumbuhan wasir dapat mengganggu dan pengidapnya sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dampak wasir yang umum terjadi adalah seseorang yang mengidapnya akan kesulitan untuk duduk dengan tenang.

Wasir adalah penyakit yang biasa terjadi. Pada sebuah penelitian dengan orang-orang di usia 50 tahun, hampir setengah dari orang-orang tersebut pernah mengidap wasir. Penyakit ini dapat menyerang semua orang, baik itu pria atau wanita. Namun, penyakit ini lebih sering menyerang ibu hamil dan orang-orang yang mengalami susah BAB.

Ternyata semua orang dapat meningkatkan risiko terkena wasir karena kebiasaan sehari-hari yang dilakukannya. Kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah:

    Terlalu Lama Duduk di Toilet

Salah satu penyebab wasir pada seseorang adalah terlalu lama duduk di toilet. Sekarang ini banyak orang yang menghabiskan banyak waktu ketika buang air besar. Biasanya, orang-orang tersebut akan membaca koran atau pun memainkan gawainya di toilet.

Hal itu terjadi karena semakin lama kamu duduk di toilet, maka semakin banyak darah yang mengalir ke pembuluh darah tersebut yang bersamaan dengan gravitasi. Akibatnya, tekanan yang lebih besar pun dapat terjadi. Disarankan agar tidak berlama-lama duduk di toilet. Selain dapat meningkatkan risiko wasir, kebiasaan tersebut juga membuat orang lain menunggu antrian lebih lama apabila di tempat umum.

    Kurangnya Asupan Serat dan Air

Kurangnya asupan serat dan air pada tubuh seseorang adalah salah satu penyebab wasir. Hal tersebut karena serat dapat melancarkan pencernaan, sehingga mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk membuang kotoran. Selain itu, air juga dapat membantu mempercepat proses pencernaan dengan menjaga usus tetap halus dan lentur. Jika kekurangan serat dan air, pembuluh darah di rektum dan saluran anal akan terasa tertekan dan mengakibatkan wasir.

    Terlalu Banyak Mengangkat Barang yang Berat

Penyebab wasir lainnya adalah terlalu banyak mengangkat barang yang berat. Hal tersebut akan meningkatkan tekanan pada rektum dan membuat vena mengalami pembengkakan seperti balon, sehingga terjadilah wasir. Walau begitu, belum ditemukan cara untuk menghindari hal ini. Mungkin kamu harus mengikuti petunjuk untuk mengangkat barang yang benar dengan posisi bertumpu pada lutut bukan punggung.

    Terlalu Banyak Meminum Alkohol

Terlalu banyak meminum alkohol juga dapat menjadi penyebab wasir. Seseorang yang sering mengonsumsi alkohol, tubuhnya akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan wasir yang dapat mengganggu pencernaan dan buang air besar. Selalu pastikan tubuh tetap mendapatkan air yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

    Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Semakin banyak gula yang dikonsumsi oleh seseorang, semakin tinggi juga risiko ia mengalami wasir. Pasalnya, konsumsi gula bisa menyebabkan sembelit yang bisa berujung pada wasir.

Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya wasir kelak, dibutuhkan perubahan pola makan dan gaya hidup. Rutinitas sehari-hari harus dirubah agar tidak menyesal di kemudian hari.

 

 

Anak Susah Disuruh Belajar? Ini Tipsnya

 

GayaKeren.id – Biasanya anak bakal melawati fase di mana mereka sulit diatur. Termasuk untuk urusan belajar nih, Bun. Bukan nggak mungkin beberapa anak susah banget disuruh belajar.

Praktisi parenting Edy Wiyono atau Ayah Edy mengatakan ketika anak sulit disuruh belajar, banyak orang tua mengeluh dan malah memarahi anaknya. Padahal itu bisa bikin anak makin tertekan dan memberontak.

“Salah satu penyebab anak tidak mau belajar mungkin karena bidang tersebut tidak sesuai dengan minat yang dimiliki si kecil. Oleh sebab itu, baiknya gali minat anak sejak dini. Gali potensi dan mimpi mereka sejak kecil. Hindari memaksa anak tetap belajar dengan cara marah-marah atau memberikan ancaman,” kata Ayah Edy pada satu kesempatan talk shownya.

Ada 6 tips yang bisa orang tua coba agar anak bisa lebih mandiri dalam belajar dan pastinya mereka lebih semangat belajar seperti dilansir Kidspot :

  1. Buat jam belajar

Setiap anak memiliki fase-fase belajar, dari mulai TK sampai perguruan tinggi pastinya waktu belajar mereka berbeda. Namun, di usia sekolah dasar Bunda dan Ayah bisa mulai membiasakan anak belajar dua jam sehari.

  1. Tidak memaksa anak untuk terus belajar

Hindari memaksa anak belajar padahal kita tahu anak sudah lelah di sekolah. Untuk itu, coba ajak anak istirahat sejenak dan mencoba untuk memberikan jeda supaya anak tenang dan santai ketika belajar Bun. Jangan lupa, selalu ajak anak ngobrol tentang bagaimana aktivitasnya di sekolah hari itu.

  1. Buat rutinitas untuk anak

Jika setelah sekolah anak masih mengikuti les musik, bimbingan belajar (bimbel) atau kegiatan olahraga. coba buat perencanaan atau struktur rutinitas. Ini bermanfaat membiasakan anak melakukan segala hal secara terstruktur hingga dia punya waktu seimbang untuk bermain dan belajar, Bun.

  1. Matikan gadget saat anak belajar

Ketika anak sedang belajar pastikan semua alat elektronik seperti TV, gadget, handphone dan alat pemutar musik lainnya dimatikan. Tujuannya, supaya anak bisa fokus belajar. Jangankan anak-anak, kita saja orang dewasa ketika mengerjakan sesuatu ada yang mudah banget terdistraksi dengan nyalanya perangkat elektronik kan, Bun?

  1. Beri saran bila anak mengalami kesulitan atau kegagalan di sekolah

Setelah anak belajar, orang tua bisa menanyakan bagaimana aktivitasnya di sekolah dan gimana pelajarannya di sekolah susah atau nggak misalnya. Usahakan jangan langsung menyalahkan atau mengkritik anak saat dia melakukan hal yang kurang tepat ya, Bun. Lebih baik beri anak saran agar mereka lebih termotivasi lagi untuk belajar.

Jangan lupa tetap apresiasi anak atas prestasi sekecil apapun yang sudah dia capai di sekolah

  1. Berinteraksi dengan anak

Bun, kita harus tahu bagaimana perkembangan anak di sekolah. Caranya, selalu tanyakan gimana perasaan dan aktivitas anak di sekolah. Jangan hanya jadi ‘satpam’ yang menanyakan ada PR atau nggak pada anak. kemudian menanyakan perkembangan belajarnya. Orang tua juga harus tahu aktivitas anak setiap hari di sekolah supaya mereka merasa proses belajarnya dihargai.

 

 

2 Gaya Berpakaian Wanita Sebagai Cerminan Karakternya

 

GayaKeren.id – Ada pepatah yang mengatakan bahwa pakaianmu adalah cerminan dirimu, berbeda dengan cowok, cewek memiliki gaya berpakaian yang lebih beragam, sehingga padu padan pakaian yang kamu pilih kemungkinan besar akan mempengaruhi kepribadianmu.

Penasaran kan?

Seperti apa karakter anda berdasarkan fashion style yang anda suka dan pakai, dilansir dari womantalk.com, berikut ulasannya dibawah ini:

  1. Dress bergaya feminim

Anda terbiasa memakai pakaian feminim seperti rok atau dress cenderung bersifat perfeksionis, lembut, manis dan cantik mempesona. anda juga orang yang sangat memperhatikan detail dalam mengerjakan sesuatu yang tercermin dalam gaya berpakaian.

 

  1. Pakaian kasual yang tidak ribet

Dalam keseharian anda lebih nyaman memakai setelah santai semacam blus, kaus, kemeja, dan celana jeans yang simpel dan tidak ribet. Kebiasaan berpakaianmu ini menunjukkan kalau kamu tipikal cewek sederhana, berpikiran terbuka, dan mudah memaafkan, dan anda juga tipe orang yang tidak menyukai hal-hal yang berlebihan, baik itu dalam bertindak maupun berpakaian.

 

 

Destinasi Wisata Di Indonesia Favorit Wisatawan Asing

 

GayaKeren.id – Hamparan lebih dari 17000 pulau di Indonesia tentunya menjadi surga bagi para pecinta travelling. Bukan hanya di telinga wisatawan lokal, kekayaan tempat wisata Indonesia juga menjadi perbincangan di antara wisatawan dunia dan menjadi destinasi wajib mereka. Ingin tahu mana sajakah daerah yang masuk ke dalam daftar tempat wisata Indonesia yang menjadi favorit wisatawan asing? Temukan inspirasi bagi perjalanan Anda dari daftar berikut, yuk!

 

Raja Ampat

Bagian timur Indonesia memiliki caranya sendiri untuk memikat hati para wisatawan. Hamparan kepulauan hijau nan memukau menjadi sebuah tempat wisata Indonesia yang bukan hanya menarik untuk dikunjungi, tetapi juga sulit untuk dilupakan. Ya, Kepulauan Raja Ampat memang menjadi sebuah tempat wisata Indonesia yang menjadi destinasi berlibur kelas dunia.

Manjakanlah mata Anda dengan pemandangan gugusan pulau karang yang kecil dan ditumbuhi pepohonan di Kepulauan Wayag yang terletak di Desa Waigeo Barat. Setelah itu, kunjungi Pulau Misool, satu dari empat pulau terbesar di Raja Ampat yang berbatasan dengan Laut Seram dan perairan lepas dan menjadi jalur lintas hewan besar seperti ikan paus. Berbicara mengenai biota laut, Anda pun dapat menyapa pari manta, hewan cantik yang senang bersolek. Sebagai sebuah tempat wisata Indonesia yang menghadirkan paket lengkap mulai dari pemandangan eksotis dan juga kuliner yang menarik, sebaiknya Anda tidak pulang sebelum menikmati makanan khas di sana yang dapat dibilang cukup ekstrem. Penduduk di Raja Ampat dapat menyajikan Anda hidangan dengan ulat sagu yang dibakar seperti sate atau bahkan mengajak Anda untuk ngemil insonem (cacing laut). Seru, bukan?

 

Bali

Menyebutkan tempat wisata Indonesia yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing, Bali adalah tempat yang harus masuk ke dalam daftar Anda. Bagaimana tidak? Keindahan Pulau Dewata telah terkenal hingga ke penjuru dunia dan keberadaannya menjadi destinasti wajib yang harus dikunjungi oleh wisatawan asing. Sebagai sebuah pulau yang terbilang lebih kecil dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia, Bali menghadirkan sebuah wisata yang lengkap.

Mulailah perjalanan Anda dari gunung yang indah seperti keberadaan Gunung Batur dengan kalderanya yang memikat. Lalu, nikmati juga kehidupan dataran tinggi nan menenangkan di Ubud dan beri makna perjalanan Anda dengan wisata religi, historis, dan budaya di tempat wisata Indonesia, Bali. Setelah itu, manjakan mata Anda dengan sunset menawan di puluhan pantai di Bali yang masih cukup sepi dikunjungi wisatawan. Jangan lupa menyertakan wisata kuliner dan rasakan spa khas ala Bali yang dapat menenangkan. Tidak perlu khawatir dengan biayanya, berbagai pilihan harga ditawarkan di sana. Bahkan, wisatawan asing pun kerap mengunjungi tempat wisata Indonesia ini dengan cara backpacking, lho!

 

Wakatobi

Bagi Anda yang minat dengan desir ombak dan lautan nan cantik, Wakatobi adalah destinasi yang dapat menghadirkan pengalaman bahari yang menyenangkan. Anda dapat mengisi waktu liburan di Wakatobi dengan kegiatan-kegiatan seru seperti berenang, snorkeling, memancing, dan tentunya menikmati keindahan bawah laut dengan diving. Tempat wisata Indonesia yang satu ini terdiri dari 141 pulau eksotis dengan empat pulau utama yakni Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Dengan keindahan kehidupan bawah lautnya, Wakatobi akrab dikenal sebagai oleh para penyelam kelas dunia. Saat berada di sana, sempatkanlah berkunjung ke Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi, spot taman laut yang mempunyai beragam spesies dari 25 gugusan terumbu karang yang tersebar di seluruh daerah Wakatobi.

Meskipun pesona bawah lautnya yang terkenal, Anda pun akan disajikan dengan seni dan budaya yang kaya, misalnya berbagai tarian seperti tarian perang suku Buton. Tinggal di Desa suku Bajo, yakni perumahan di atas laut juga akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Terletak di daerah yang jauh dari kota besar, bukan berarti Anda harus kesulitan mengunjungi destinasi yang terkenal dengan Pantai Seratus Mata Air atau Molii Sahatu dan Pantai Wakatobi ini. Untuk mencapainya, berbagai moda transportasi bisa menjadi pilihan Anda. Jika memiliki waktu yang cukup lama, alternatif transportasi laut dengan kapal cepat dari Makassar atau Kendari menuju Wangi Wangi. Sementara itu, jika waktu yang dimiliki cukup terbatas, sejumlah maskapai penerbangan telah menyediakan perjalanan udara dengan rute menuju Makassar atau Kendari yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan pesawat perintis menuju Wangi Wangi. Jangan lupa, saat mengunjungi daerah seperti Wakatobi ini, kenyamanan dalam berwisata tetap menjadi prioritas. Untuk itu, DBS Indonesia menyajikan layanan perbankan prioritas untuk perjalanan Anda. Temukan berbagai kelebihannya di sini.

 

Kalimantan

Pulau terbesar di Indonesia ini punya caranya sendiri untuk memikat para wisatawan. Kunjungan Anda ke sana justru akan memakan waktu yang cukup lama, sebab kekayaan alam dan budaya yang sangat banyak jumlahnya menarik untuk dinikmati satu per satu. Pada bagian barat Kalimantan, Danau Sentarum misalnya, menjadi tempat yang perlu dikunjungi. Bagaimana tidak? Danau ini memiliki kekhasan yakni tampak seperti kumpulan air yang merendam hutan. Namun, cobalah datang di musim kemarau, danau tidak Anda temukan. Justru, hutan dan padanglah yang akan terlihat.

Dengan berkunjung ke Kalimantan, Anda pun akan mulai menghargai alam dengan melihat konservasi orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Selain itu, rasakan juga seurnya berbelanja di atas jukung atau perahu di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Berbicara mengenai tempat wisata Indonesia, tidak lengkap tanpa menyebutkan pantai-pantai cantik. Kalimantan pun memiliki berbagai destinasi pantai yang tentunya tidak ingin Anda lewatkan seperti Pulau Beras Basah, Pantai Tanah Merah Samboja, dan Kepulauan Derawan. Jangan lupa, ambil juga gambar terbaik dari liburan Anda di danau nan cantik di Danau Labuan Cermin, Biduk Bidul.

 

Yogyakarta

Sebuah kota di selatan Pulau Jawa ini begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan asing setiap harinya. Keramahan Yogyakarta yang juga dikenal dengan nama pendeknya, Jogja, ini selalu menjanjikan wisata yang menyenangkan bagi para wisatawan. Mungkin, bagi Anda yang belum tahu, liburan di Yogyakarta adalah wisata kuliner dan berbelanja di sepanjang Jalan Malioboro. Namun, bukan hanya itu. Yogyakarta pun menyajikan berbagai keindahan seperti pantai-pantai yang memukau di selatan dan daerah Gunung Kidul dan juga dataran tinggi serta gunung yang memukau.

Sebagai kota yang penuh dengan budaya, kesenian, dan anak muda, berbagai festival pun kerap dilaksanakan di kota ini seperti Festival Kesenian Yogyakarta dan juga Artjog setiap tahunnya. Jangan bersedih bila Anda berkunjung saat tidak ada festival, sebab berbagai tempat wisata Indonesia yang merupakan peninggalan sejarah seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan serta museum-museum yang menyajikan edukasi juga bisa menjadi destinasi Anda  berlibur.

 

 

Cara Lain Berkata ‘Tidak’ Pada Si Kecil

 

GayaKeren.id – Mom, apakah sering merasa tidak tega saat menolak permintaan si kecil? Rasanya Mom selalu tidak tega jika melihat mukanya yang sedih sehingga Mom selalu menuruti permintaannya yang terkadang tak bisa dibilang wajar. Memang berkata ‘tidak’ pada anak terlihat mudah, namun ternyata hal itu bukanlah yang efektif.

Memang lelah selalu berkata tidak saat ia meminta sesuatu, namun Mom harus tahu bahwa ahli pengasuh percaya bahwa jika Mom sering mengucapkan tidak bisa saja menumbuhkan rasa benci dan timbulnya rasa pemberontak dari sang kecil. Maka dari itu selalu gunakan kata ‘tidak’ pada saat penting seperti mencegahnya melakukan sesuatu yang berbahaya dan mengancam nyawa.

Dilansir dari hellosehat, ada cara lain berkata ‘tidak’ yang lebih singkat, jelas, dan meyakinkan untuk menjelaskan mengapa anak tidak boleh melakukan hal tersebut. Simak yuk!

  1. “Mama tahu kamu suka permen, tapi kalau kebanyakan juga gak bagus”

Tentunya Mom tahu bahwa mengonsumsi permen terus hanya akan membawa dampak negatif seperti gigi berlubang dan obesitas. Maka dari itu, Mom perlu mengganti makanan manisnya dengan makanan yang lebih sehat seperti yogurt atau buah-buahan. Dengan berkata ini Mom bisa menjadi lebih kalem dan bersahabat untuk menawarkan pada si kecil makanan yang lebih sehat.

  1. “Makanan untuk dimakan, bukan untuk dimainkan”

Sebagai anak-anak tentunya mereka akan sangat senang bermain bahkan dengan makanannya. Biasanya mereka melakukan hal ini karena masih merasa kenyang sehingga makanan yang ada di depannya dianggap sebagai mainan. Daripada memarahinya, lebih baik segera ambil makanannya dan katakan hal tersebut. Jika ia sudah bisa berlaku baik saat makan, jangan lupa selalu berikan pujian karena ia akan merasa apa yang telah dilakukannya benar.

  1. “Kasihan kucingnya nanti sakit. Harus disayang, ya”

Jika Mom pernah melihatnya bermain dengan kucing seperti menarik ekornya, tentunya Mom sangat marah bukan? Untuk itu Mom perlu menjelaskan padanya bahwa hewan juga makhluk hidup. Hewan akan juga bisa merasakan sakit sama sepertinya. Hal ini tentunya bisa mengajarkannya empati dan kesadaran diri untuk berperasaan terhadap makhluk lain. Mom bisa memberikannya tanggung jawab untuk harus merawat hewan dan tumbuhan karena mereka sama-sama membutuhkan hidup.

  1. “Mama tidak mengerti kalau kamu merengek seperti itu. Coba bicara yang lebih jelas”

Saat anak menginginkan sesuatu, tentunya ia akan selalu merengek sampai mendapatkan apa yang ia minta. Mom harus hindari kata-kata seperti, “jangan nangis” atau “jangan cengeng”. Doronglah ia agar bisa berkata jelas sehingga ia bisa menjelaskan apa yang diinginkannya tanpa perlu merengek. Tentunya berkata seperti ini akan membuatnya bisa berbicara dengan baik karena ia tahu bahwa perkataan dan perasaannya didengar. Tak hanya mengajarkan berbicara dengan baik, tentunya ini akan bisa melatihnya memiliki kepribadian yang baik.

     5. “Stop!”, “Bahaya”, atau “Panas!”

Tahukah Mom terkadang kata “tidak” tidak cukup untuk memperingatkan adanya bahaya? Jadi jika dirasa urgent dan mendadak, Mom bisa menggunakan kata-kata yang lebih kuat dan tegas saat anak melakukan sesuatu yang berbahaya. Terkadang orangtua suka lupa untuk melakukan kata-kata yang positif daripada larangan. Maka dari itu Mom bisa mengeraskan volume suara, menggunakan jari untuk menunjuk, atau bahkan ekspresi takut agar ia bisa menangkap larangan tersebut.

Nah, itu dia yang bisa Mom lakukan untuk bisa berbicara selain berkata ‘tidak’ pada anak. Selamat mencoba!

 

 

Mix & Match Celana Longgar Untuk Hijaber

 

GayaKeren.id – Tren pemakaian hijab memang semakin menyempurna dari tahun ke tahun. Lihat saja, di setiap penjuru kota yang kamu datangi di Indonesia, pasti kamu akan menemukan perempuan berhijab. Kini berhijab semakin mudah, ada banyak pilihan baju yang bisa kamu kenakan sesuai dengan kepribadian dan kesukaanmu. Berbeda dengan misalnya sepuluh tahun yang lalu, saat busana berhijab masih sedikit pilihannya — kalau nggak gamis, rok, atau kerudung langsungan.

Pendahulu kita cenderung merasa kesulitan saat ingin mencari padanan baju berhijab yang memungkinkan aktif bergerak. Namun zaman telah berubah. Kini telah banyak pilihan baju untuk hijab yang bisa disesuaikan dengan tingkat aktivitas kamu. Celana longgar misalnya. Tinggalkan dulu koleksi celana jeans ketat yang membalut kaki, kini saatnya beralih ke celana longgar yang buatmu mudah melangkah, juga pas untuk muslimah.

Dilansir dari Hipwee, ini beberapa rekomendasi padanan celana longgar untuk hijaber

1. Yang lebar, yang menawan. Potongan celana longgar dengan ujung melebar akan membuat kakimu nyaman tanpa ekspos lekuk yang berlebihan

2. Berani pakai paduan hitam-abu? Model ini mengajarkannya pada kita bahwa asalkan busanamu sama-sama pastel, cucok lah pasti

3. Tak mengapa suka atasan warna hitam, asalkan celana khaki kamu pasangkan. Hasilnya? Super elegan!

4. Asalkan warna hijab dan celana sama gelapnya, model blouseapapun bisa kamu pakai suka-suka

5. Motif garis-garis memang tidak pernah gagal membuat postur badanmu terlihat lebih tinggi. Apalagi kalau dipadankan dengan hijab pink sebagai fashion statement

6. Celana longgar warna abu-abu bisa banget kamu bawa jalan-jalan ke taman. Padukan saja dengan tas warna krem

7. Pecinta Monokrom? Ganti bawahan jadi warna hitam. Ke kondangan pun siap!

Memakai celana longgar itu banyak untungnya, selain tidak membentuk lekuk tubuh, juga pas untukmu yang aktif bergerak. Buatmu yang sudah mulai jengah dengan celana-celana ketat karena ingin hendak berhijrah dengan memakai busana yang anggun, mungkin perlu memulainya dengan mengenakan celana longgar.

 

 

Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

 

GayaKeren.id – Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang pamornya terus menanjak di mata publik dalam beberapa tahun belakangan. Tapi, apakah kamu tahu seperti apa sejarahnya dan apa saja manfaat yoga untuk kesehatan? Yoga berkembang semenjak 5-10 ribu tahun yang lalu di India. Kata yoga berasal dari bahasa Sansekerta “Yuj” yang berarti penyatuan jiwa dan kesadaran yang tak terbatas serta jiwa dan kesadaran yang universal dan ilahi.

Sederhananya, yoga dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat membawa jiwa dan raga kembali menuju kesadaran. Yoga adalah sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuh kita.

Jenis-jenis yoga Yoga terus berkembang selama berabad-abad dan dipengaruhi oleh beragam budaya, hingga kini tercipta berbagai jenis yoga — mulai dari Ashtanga, Kripalu, Bikram, sampai Vinyasa.

 >  Yoga Hatha : Kelas-kelasnya terdiri atas kelas pengantar, postur dasar yoga, hingga teknik pernapasan. Yoga hatha lebih berfokus kepada aspek fisik dibandingkan mental.

Yoga Ashtanga : Yoga ashtanga terdiri atas 6 seri postur-postur yoga yang kuat dan cukup menantang, dilakukan tanpa henti. Yoga tipe ini tidak direkomendasikan bagi yang memiliki otot dan sendi yang lemah.

>  Yoga Power : Diadaptasi dari yoga ashtanga tradisional pada tahun 1980-an. Merupakan jenis yoga yang dinamis dan menantang.

Yoga Bikram : Yoga bikram terdiri atas 26 gerakan dan 2 rangkaian pernapasan. Yang unik dari jenis yoga ini adalah harus dilakukan di ruangan yang panas dengan suhu sekitar 40,6º C dan kelembapan 40%.

>  Yoga Iyengar : Jenis yoga yang mengimplementasikan penggunaan benda-benda seperti selimut, tali, kursi, atau bantalan untuk membentuk postur.

Yoga Kundalini: Dalam bahasa Sansekerta, “Kundalini” diartikan sebagai gulungan, menyerupai gerakan ular yang fleksibel. Jenis yoga ini menggabungan rangkaian gerakan, meditasi, dan nyanyian yang dibuat untuk membangkitkan tenaga dalam yang terletak di bagian bawah tulang belakang.

Setiap jenis yoga memiliki gerakan, rutinitas, dan manfaat yang berbeda-beda. Maka dari itu, pilihlah jenis yoga yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Beragam manfaat yoga untuk kesehatan Rutin beryoga akan mengasah fokus mental dan membuang racun keluar dari dalam tubuh.

Kita juga akan meningkatkan fleksibilitas tubuh, yang tidak hanya bermanfaat untuk kesiapan fisik sebelum berolahraga tapi juga mencegah cedera.

Masih tidak teryakinkan? Berikut adalah sembilan manfaat yoga lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

  • Mengatur berat badan.
  • Membantu mencegah dan mengobati beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung, artritis, asma, dan tekanan darah tinggi.
  • Meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi stres, depresi, dan gangguan tidur.
  • Melancarkan pernapasan.
  • Menguatkan keseimbangan tubuh.
  • Menjaga kebugaran tubuh.
  • Relaksasi dan pemulihan otot setelah olahraga.
  • Meringankan nyeri dan cedera.
  • Membentuk otot.

Yang harus diketahui sebelum melakukan yoga

Yoga termasuk olahraga low intensity yang aman untuk dilakukan oleh setiap orang. Namun, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum mulai menggelar matras yoga. Yoga tidak dapat dijadikan pengganti perawatan medis konvensional. Pemula tidak boleh langsung mencoba gerakan-gerakan yoga ekstrim yang dapat menyebabkan cedera. Jika kamu sedang dalam kondisi hamil atau memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.

 

 

Fakta Produksi ASI Menyusui Anak Lebih Dari Setahun

 

GayaKeren.id – Anjuran untuk menyusui anak hingga usia 2 tahun mungkin membuat sebagian  ibu bertanya-tanya, apakah produksi ASI untuk Si Kecil memadai dan cukup hingga sampai masa tersebut? Yang harus dingat, ASI akan terus berproduksi jika Si Kecil tetap menyusu.

Sesuai rekomendasi WHO, ASI adalah nutrisi  terbaik untuk anak meski sekarang ia memasuki usia setahun lebih. Namun memasuki tahun ke dua menyusui Si Kecil, banyak ibu yang merasa tidak percaya diri dengan kualitas ASI, bahkan tak sedikit pula yang menganggap pasokan ASI mereka tidak memadai untuk bisa menyusui hingga usia anak dua tahun. Kenyataannya, ASI akan terus berproduksi jika anak tetap menyusu. Memang, saat anak menginjak usia 6 bulan ke atas, mereka sudah tidak lagi menyusu secara eksklusif dan saatnya diperkenalkan pada MPASI atau makanan pendamping ASI. Jadi Si Kecil memenuhi kebutuhan gizinya dengan kombinasi ASI dan makanan pendamping.

Boleh jadi, pada periode MPASI, frekuensi anak menyusu mulai berkurang karena ia mudah kenyang dengan makanan padatnya. Namun ibu tidak boleh lengah dengan kondisi ini. Frekuensi menyusu anak yang  berkurang akan memengaruhi produksi ASI. Jika anak belum mau menyusu, ibu bisa memerah dan hasilnya disimpan di kulkas. Yang harus diingat adalah, menyusui merupakan sistem permintaan dan penyediaan. ASI akan terus berproduksi jika anak tetap menyusu. Bahkan semakin sering anak menyusu, maka semakin banyak ASI yang diproduksi tubuh ibu.

Selain sering-sering menyusui anak, produksi ASI juga bisa ditingkatkan dengan cara berikut:

– Banyak minum air putih.

Ini merupakan cara ampuh meningkatkan produksi ASI. Ibu menyusui direkomendasikan mengonsumi 3,1 liter (sekitar 13 gelas) cairan sehari. Pastikan ibu banyak minum terutama saat sedang menyusui atau sedang memerah ASI. Jika bosan dan ingin alternatif minuman yang sehat, Anda dapat mencoba jus segar.

– Konsumsi makanan bergizi.

Agar produksi ASI tetap lancar dan berlimpah, ibu harus mengonsumsi makanan seimbang dan bergizi setiap hari. Sejumlah makanan dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI, antara lain:

  • Oatmeal. Kaya akan zat besi yang akan meningkatkan kualitas dan laktasi.
  • Sayuran hijau seperti bayam, daun katuk, pare dan asparagus serta kacang-kacangan merupakan sumber mineral, vitamin dan fitoestrogen yang dapat meningkatkan produksi ASI.
  • Pepaya baik matang maupun mentah dapat meningkat ASI. Pepaya mengandung berbagai jenis enzim, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.
  • Salmon, mengandung asam lemak esensial dan omega-3 yang meningkatkan kualitas dan produksi ASI.
  • Roti gandum yang kaya akan asam folat dan zat besi yang bermanfaat bagi ibu menyusui.

 

– Cukup istirahat.

Kelelahan bisa menurunkan produksi ASI. Ibu yang menyusui sebaiknya cukup beristirahat agar tubuh memiliki energi untuk memproduksi ASI.

– Memompa ASI.

Memompa adalah salah satu cara untuk menghasilkan lebih banyak ASI.  Prinsip di balik memompa adalah mengosongkan dan merangsang payudara untuk memproduksi ASI lebih banyak.

Manfaat Menyusui Lebih Lama

Menyusui lebih dari 6 bulan selain memberikan keuntungan untuk Si Kecil, juga memberikan dampak positif bagi kesehatan ibu.

> ASI melindungi anak dari kelebihan berat badan dan obesitas pada masa kanak-kanak.

> ASI melindungi anak dari alergi.

> Menyusui juga memberikan imun (kekebalan tubuh) pada bayi di tahun pertama dan kedua. Pada usia setahun, sistem kekebalan tubuh anak hanya berfungsi 60 persen saja. Sistem kekebalan tubuh anak  baru berfungsi 100 persen seperti orang dewasa saat mereka berusia 6 tahun.

> Mengecilkan risiko sakit pada anak. Sebuah penelitian menyebutkan anak-anak yang disusui di  atas usia 16 bulan lebih jarang sakit ketimbang anak-anak yang tidak disusui langsung.

> Sebuah studi menunjukkan menyusui hingga 12 bulan dapat melindungi anak dari penyakit menular, terutama infeksi saluran pencernaan dan pernapasan.

> Bagi ibu, menyusui dalam jangka waktu yang lama menurunkan risiko kanker payudara,  kanker ovarium, diabetes 2 dan depresi pasca persalinan.