GayaKeren.id – Dalam rangka perayaan HUT Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) ke-70 dan hari Sumpah Pemuda, hari ini IDI bersama Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) meluncurkan kampanye #PesanPemudaatau Program Edukasi KeSehatAN untuk Pemuda melawan COVID-19. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan para generasi muda terhadap protokol kesehatan, dengan mempraktikkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan kebiasaan Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak (3M) dalam kehidupan sehari-hari. Kampanye edukatif ini juga diharapkan dapat menginspirasi pemuda untuk berpartisipasi aktif serta menjadi duta dalam menerapkan PHBS dan 3M ke rekan-rekan pemuda lainnya demi menekan penyebaran COVID-19.

Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) September 2020 mengenai “Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19” menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat dalam pencegahan COVID-19 secara umum sudah baik1. Namun demikian, dari hasil survei tersebut, tingkat kepatuhan di kalangan anak muda rentang usia 17-30 tahun menunjukkan angka paling rendah dibandingkan dengan kelompok usia lain, terutama dalam hal mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak minimal 1 meter. Selain itu, kelompok usia ini juga memiliki jumlah tertinggi (dengan persentase 20,2%) sebagai kelompok yang menyatakan sangat tidak mungkin dan tidak mungkin terinfeksi/tertular COVID-19. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran kaum pemuda dalam menanggapi bahaya pandemi masih terbilang rendah.

Dr. Daeng M Faqih, Ketua Umum PB IDI mengatakan, “Kami melihat bahwa kami perlu merangkul para generasi muda agar mereka tidak lengah dan terus mewaspadai bahaya COVID-19. Karena itu,kami sangat menyambut baik program #PesanPemuda melawan COVID-19bersama Good Doctor untuk membangkitkan semangat juang para pemuda dalam melawan pandemi. Kami harap kampanye ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan menghasilkan tindakan yang efektif dalam perang melawan COVID-19 secara keseluruhan.”

Dengan misi untuk mengedukasi lebih dari 10 juta pemuda di Indonesia, kampanye#PesanPemuda melawan COVID-19ini juga melibatkan jajaran anak muda kreatif yang memiliki semangat dalam memerangi pandemi COVID-19 di Tanah Air. Good Doctor, sebagai mitra strategis dari PB IDI telah menyiapkan edukasi PHBS berjudul #BaikBersama yang dapat dipraktikkan para pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Adapun edukasi PHBS #BaikBersama tersebut adalah:

  • Biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 60 detik
  • Awas, hindari kerumunan dengan menjaga jarak minimal 1 meter
  • Ingat selalu menggunakan masker ketika keluar rumah
  • Konsultasi kesehatan dengan mitra dokter tepercaya

dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia menjelaskan, “COVID-19 telah mendorong semua orang meningkatkan standar berperilaku bersih dan penjagaan diri dari risiko kesehatan. Perilaku ini perlu diikuti dengan kedisiplinan dan kewaspadaan tinggi, serta membaca informasi yang benar. Sebagai masyarakat muda kita harus patuh pada penggunaan masker, hand sanitizer/disinfectant, dan menjaga jarak minimal 1 meter. Ini menjadi suatu keharusan yang tidak dapat ditawar-tawar saat ini. Kami mengajak semua anak muda, termasuk generasi muda praktisi kesehatan profesional untuk ambil bagian dalam kampanye ini sebagai salah satu upaya dalam perjuangan melawan pandemi.”

Dalam upaya meluaskan kampanye edukatif #PesanPemuda melawan COVID-19, PB IDI dan Good Doctor menciptakan koreografi singkat hanya 30 detik di platform TikTok bertemakan pesan edukasi PHBS dan 3M dalam kehidupan sehari-hari, gerakan berjudul #BaikBersama. PB IDI dan Good Doctor mengajak para pemuda, dokter muda dan masyarakat umum untuk mengikuti, merekam dan mengunggah danceTikTok #PesanPemuda melawan COVID-19ini demi memperluas edukasi ke seluruh penjuru Tanah Air. Periode dance TikTok #PesanPemuda resmi dimulai hari ini, 28 Oktober 2020 sampai 13 November 2020. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi akun media sosial TikTok @gooddoctor.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *