GayaKeren.id – Pengadopsian gaya hidup halal oleh masyarakat Indonesia telah mendorong pertumbuhan industri Syariah yang menjadi fokus pemerintah dalam memacu perekonomian nasional. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), nilai perdagangan industri halal di tahun 2020 sudah mencapai USD 3 miliar dan diharapkan akan meningkat seiring tren gaya hidup halal. Pemerintah pun memposisikan peningkatan halal value chainyang melibatkan e-commerce sebagai strategi untuk mengembangkan ekonomi Syariah.

Desey Muharlina Bungsu, Vice President Fashion Muslim, Logam Mulia & Blibli Hasanah di Bliblimengatakan, “Industri Syariah semakin menjadi fokus pemerintah seiring dengan banyaknya masyarakat yang menjalani gaya hidup halal. Melihat hal ini, Blibli melengkapi ekosistem e-commerce miliknya dengan kategori dan kurasi yang memudahkan pelanggan untuk menemukan produk Muslim-friendly serta halal, mulai dari makanan hingga investasi emas. Terlebih lagi, Blibli merancang agar seluruh proses e-commerce, mulai dari display produk di laman Blibli Hasanah hingga pengiriman produk Blibli Hasanah ke pelanggan, sesuai dengan kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH) HAS 23000.”

Blibli menjadi e-commerce pertama yang memiliki penyelia halal sebagai syarat utama dalam pengimplementasian SJH oleh suatu perusahaan. Dengan hadirnya penyelia halal, Blibli bisa mengatur agar keseluruhan value chain di ekosistem e-commerce miliknya memperhatikan standarisasi SJH sehingga produk-produk halal mendapatkan penanganan yang sesuai, mulai dari penyimpanan di warehouse hingga pengiriman oleh kurir.

Blibli mencatat tren positif atas permintaan untuk produk Muslim-friendly dan halal. Sejak peluncuran Blibli Hasanah, yaitu kurasi produk Muslim-friendly dan halal, pada kuartal II 2020, kelompok produk fashion Muslim, makanan & minuman halal, kesehatan & kecantikan halal, serta perhiasan emas & logam mulia mengalami kenaikan order rata-rata sebesar 2 kali lipat per kuartal hingga kuartal I 2021 lalu. Blibli sendiri telah mencatat tren positif atas permintaan untuk produk Muslim-friendly dan halal. Sejak peluncuran Blibli Hasanah, yaitu kurasi produk Muslim-friendly dan halal, pada kuartal II 2020, kelompok produk fashion Muslim, makanan & minuman halal, kesehatan & kecantikan halal, serta perhiasan emas & logam mulia mengalami kenaikan order rata-rata sebesar 2 kali lipat per kuartal hingga kuartal I 2021 lalu.

Selain itu, Blibli juga bermitra dengan pemangku kepentingan yang relevan untuk memajukan industri Syariah. Blibli berkolaborasi dengan institusi perbankan dan perusahaan teknologi finansial untuk menyediakan alat pembayaran berbasis Syariah, termasuk dengan LinkAja Layanan Syariah. Selain itu, Blibli bekerja sama dengan perwakilan pemerintah dan agama, termasuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar SJH dapat diterapkan sesuai ketentuan.

Dukungan ekosistem Blibli untuk menunjang gaya hidup halal juga dirasakan bukan hanya oleh pelanggan, namun juga oleh sellerSarah SofyanFashion Enthusiast dan Director of Rumah Ayu, mengakui bahwa dengan memastikan kehalalan produk yang dibeli atau digunakan, gaya hidup halal pun dapat dijalani dengan lebih mudah. “Mengetahui bahwa tempat kita berbelanja untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup kita benar-benar menerapkan standarisasi halal secara menyeluruh tentunya akan memberikan rasa aman dan tenang kepada pelanggan. Sistem Jaminan Halal yang baik pun akan membantu seller untuk memastikan bahwa produk kami tetap terjaga kehalalannya.”

Di bulan Ramadhan ini, Blibli turut meluncurkan berbagai penambahan di fitur dan layanannya, yang terangkum dalam program #HikmahRamadhan. Penambahan ini antara lain hadirnya fitur pengiriman cepat 2 Hours Delivery untuk memastikan pengiriman kebutuhan puasa dan Lebaran tiba dengan cepat dan aman, serta promo yang hadir selama 32 hari mulai dari 12 April hingga 14 Mei 2021. Salah satu promo berupa Potongan Berkah untuk produk halal di Blibli Hasanah. Promo juga menghadirkan program menarik lainnya, termasuk cashback hingga Rp 1 juta rupiah, exclusive deals dengan brand-brand ternama, dengan diskon hingga 85%, serta Flash Sale dan games tiga kali sehari saat ngabuburit dan sahur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *