GayaKeren.id – Berbagai hal menjadi pemicu depresi saat pandemi di berbagai kalangan . Hal ini umumnya dikarenakan masyarakat tidak lagi bebas melakukan kegiatan layaknya sebelum pandemi. Beberapa aktivitas banyak dilakukan secara virtual sehingga berpotensi mengurangi hangatnya interaksi antara manusia.

Berbagai literatur dan hasil riset mengungkapkan bagaimana gejala depresi dialami sejumlah kelompok masyarakat saat pandemi. Sebagai contoh, riset dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran mengungkapkan 47% responden mahasiswa mengaku mengalami gejala depresi.

Startup konseling online dan kesehatan mental terdepan di Indonesia, Riliv, percaya bahwa kebahagiaan bisa dimulai dari diri sendiri. “Setiap manusia memiliki kapabilitas untuk menciptakan kebahagiaan.” ujar Audrey Maximillian Herli, CEO Riliv. “Mungkin awalnya terasa sulit karena kita sudah menemukan pola bahagia yang dulu dibantu oleh kehadiran orang lain. Tetapi sekarang kondisinya berbeda, dan kita harus menemukan aktivitas agar bisa berdamai dengan situasi yang sedang dihadapi.”

Riliv. aplikasi kesehatan mental terpadu yang terdiri dari meditasi online dan konseling psikologi online dan telah membantu lebih dari 150.000 pengguna agar lebih sehat mental, membagikan 7 ktivitas yang bisa dilakukan dimasa pandemi ini agar terhindari dari depresi dan stress.

  1. Meluangkan waktu berolahraga sederhana. Luangkan pagi hari saat masih sepi, membiasakan berjalan kaki ke toko atau lokasi yang tidak jauh. Berjalan kaki atau jogging di daerah yang cukup aman. Bergerak membantu melancarkan sirkulasi darah dan berdampak pada mood bahagia. Apalagi fokus menikmati pergerakan badanmu dan lingkungan sekitarmu sehingga bisa lebih mindful.

2. Jika memungkinkan, coba mengunjungi taman atau sekadar duduk di daerah penuh pohon. ‘Forest bathing’ adalah konsep dari Jepang yang mengajakmu menikmati suasana pepohonan. Aktivitas ini bisa membantumu menurunkan stres dan menenangkan diri.

3. Tidur tepat waktu . Pikiran negatif kerap muncul saat kita kelelahan, kurang tidur, dan masih terbangun di malam hari. Jangan tunda waktu untuk terlelap. Badan yang sehat berpengaruh terhadap kesehatan mental yang kuat.

 4. Bertukar kado dengan keluarga dan sahabat. Meski terhalang jarak, bukan alasan untuk tidak bersua. Menyampaikan salam dan kasih sayang melalui kado makanan delivery atau hampers cantik.

5. Mencoba resep masakan yang belum pernah dicoba. Memasak bisa menjadi meditasi bagi banyak orang. Menikmati setiap irisan pisau di sayuran atau meracik bumbu agar menjadi santapan berkualitas bisa membuatmu lebih tenang dan lega. Energi berlebihan akibat rasa kesepian bisa tersalurkan melalui kegiatan positif dengan bonus makanan lezat.

6. Memberi makan kucing di jalan. Sembari berjalan kaki, tidak ada salahnya mencoba memberi makan kucing jalanan. Perasaan berbagi dan melihat mereka makan dengan lahap bisa membuatmu merasa berharga serta meningkatkan harga diri yang bisa menangkal perasaan sedih dan depresi.

7. Mencari bantuan psikolog lewat online, lebih dipahami dan tanpa menghakimi.  Jika sudah melakukan banyak hal tetapi masih merasa kesepian bahkan tidak berharga, kamu bisa segera menghubungi psikolog online seperti Riliv. Berbeda dengan teman atau sahabat yang mungkin menghakimi, psikolog akan mendengarkan dengan tulus serta membantu kamu menemukan solusi.

Kamu akan merasa lebih berdaya dan siap menghadapi situasi sulit secara mandiri. Kabar baiknya, Riliv menawarkan cashback 100% pada 6.6 ShopeePay Mid Year Deals yang berlangsung 28 Mei – 9 Juni 2021. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi Riliv, lalu pilih ShopeePay sebagai metode pembayaran. Cashback akan didapatkan untuk transaksi di pukul 10.00 – 23.59 setiap hari selama periode kampanye. Dengan begitu, kamu bisa berkonsultasi dengan psikolog dengan lebih mudah dan hemat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *