GayaKeren.id – Situasi pandemi yang tak kunjung berakhir berimbas pada keberlangsungan industri kreatif, salah satunya untuk industri musik. Meski memasuki masa sulit, masyarakat tetap menyambut kreativitas musisi dengan segala keterbatasan pertemuan fisik dan tetap melihat musik sebagai hiburan yang selalu memberikan semangat. Helo, platform digital terintegrasi untuk hiburan, informasi terkini, dan terkoneksi dengan komunitas melakukan kolaborasi bersama AMI Awards menghadirkan konten untuk memberikan informasi menarik tentang dunia musik tanah air bagi penggunanya.

Menurut data survei Jakpat di akhir tahun 2020 lalu, streaming atau mendengarkan musik menjadi salah satu dari cara masyarakat menghibur diri di tengah pandemi. Sebesar 63,3 persen dari responden yang mendengarkan layanan streaming ini berasal dari kelompok usia 15-29 tahun. Sementara itu, dari latar belakang pekerjaannya paling banyak berasal dari karyawan atau pegawai sebesar 34,9 persen. Setelah itu disusul pelajar (23,8 persen), pekerja lepas atau pengusaha (23,4 persen), bahkan ada juga ibu rumah tangga (10,1 persen). Keberagaman pendengar musik ini pun menghasilkan preferensi musik yang beragam, dan mendorong musisi untuk terus menghadirkan karya di tengah pandemi.

Program #DialogMusik merupakan salah satu rangkaian kerjasama Helo dengan AMI Awards, penghargaan tertinggi industri musik Indonesia yang menghadirkan diskusi bersama para pelaku musik tanah air dari lintas genre. Ada banyak informasi menarik dan eksklusif mengenai dunia musik yang para narasumber beberkan di acara #DialogMusik, lho. Apa saja ya kira-kira? Simak daftar informasi berikut, yuk!

  • Potensi Mengeksplorasi Dunia Musik Anak

Tahun 1990-an seringkali disebut sebagai masa keemasan industri lagu anak. Namun setelah era itu berakhir, industri musik mulai kekurangan lagu anak yang berkualitas dan catchy. Beberapa usaha sempat dilakukan, namun musik anak rasanya masih belum setenar pada era terdahulu. Duo Soundwave, Jevin Julian dan Rinni Wulandari menyoroti hal ini dalam #DialogMusik episode perdana. Keduanya menyebut bahwa mereka terinspirasi dengan konten musik anak dari berbagai negara yang berhasil mengawinkan musik terkini dengan lirik yang mudah dicerna untuk anak-anak. Jevin dan Rinni yang juga pasangan suami istri ini menularkan inspirasi tersebut kepada anak semata wayang mereka, Nochi yang berhasil merilis single berjudul “Go Thomas” di usia 2 tahun! Melalui karya Nochi yang merupakan campur tangan Jevin dan Rinni di tengah pandemi, keduanya melihat adanya peluang eksplorasi yang lebih besar untuk mengembalikan kejayaan dunia musik anak yang berkualitas.

  • Kolaborasi adalah Kunci

Ada banyak hal baru dan tak terduga sebelumnya yang terjadi di indsutri musik selama masa pandemi. Sebut saja konser virtual dari rumah, rekaman via video call, hingga kolaborasi unik. Fadly, vokalis Padi, mengungkapkan tema kolaborasi unik di episode kedua #DialogMusik dalam aplikasi Helo. Fadly menyebut bahwa ini menjadi kali pertama ia menyanyikan lagu bertemakan cinta di luar bendera band Padi. Berduet dengan gitaris dan penulis lagu Ade Govinda, single “Tanpa Batas Waktu” menjadi lagu hasil kolaborasi unik baginya, dan semua proses rekaman pun dilakukan dari jarak jauh dengan mengandalkan teknologi.

  • Orisinalitas dalam Modernisasi Musik Dangdut

Musik dangdut telah berevolusi menjadi genre lebih modern. Dangdut kini bisa bertransformasi menjadi mix genre karena bisa disilangkan dengan genre lain, sebut saja pop dan rock. Namun Evi Masamba, penyanyi dangdut jebolan D’Academy, menyebut bahwa cengkok penyanyi dangdut justru menjadi faktor penentu keaslian musik dangdut. Karya dangdut yang sudah dikawinkan dengan musik lain, menurutnya tetap akan terdengar ciri khas dangdutnya berkat cengkok yang keluar dari suara sang penyanyi.

Keberagaman musik ini dan kolaborasi di tengah keadaan yang sedang tidak menentu inilah yang menjadi sorotan AMI Awards. Musisi yang hadir dalam program #DialogMusik hasil kolaborasi Helo dan AMI Awards memiliki benang merah bahwa musik bisa menjadi medium berekspresi yang terus dinikmati masyarakat dalam masa sulit sekalipun seperti sekarang. Hal ini selaras dengan apa yang dibawa AMI Awards di tahun ini menurut Dwiki Dharmawan, ketua umum Yayasan Anugerah Musik Indonesia dalam salah satu episode #DialogMusik. Dwiki memberikan kisi-kisi secara eksklusif di aplikasi Helo perihal AMI Awards 2021 yang akan memiliki tagline “Spirit of Creativity”.  Meskipun keadaan belum menentu di tengah pandemi, semangat dan kreativitas musik tidak akan padam. Musik adalah sebuah medium kreativitas yang perlu mendapat dukungan penuh dari segala lapisan masyarakat.

“Musik adalah sebuah ekspresi budaya yang multidimensional, harapannya musik kita di Indonesia bisa merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan dan memiliki peran strategis juga dalam pembangunan nasional dan dalam ketahanan budaya nasional. Semoga semakin ke depan apresiasi masyarakat pada musik Indonesia semakin meningkat sehingga timbul sebuah kepercayaan diri dan motivasi dari para insan musik Indonesia untuk lebih berprestasi dan mengangkat derajat musik indonesia secara nasional, regional, maupun internasional,” ungkap Dwiki Dharmawan.

“Selain kami memberdayakan industri musik melalui Dialog Musik yang harapannya dapat menjadi pondasi yang kuat untuk kami bersama memberdayakan musik tanah air, Helo juga memberikan program hiburan eksklusif lain yang tidak kalah seru. Helo Ngartis, program wawancara bersama pelaku hiburan di Indonesia dengan cakupan yang luas. Selain itu, 60DetikHelo, sesi tanya jawab singkat bersama public figure yang seru dan dijamin selalu buat pengguna Helo jadi penasaran. Helo berkomitmen menjadi tempat yang tepat dan menyenangkan untuk sumber informasi maupun hiburan,” kata Indira Melik, Country Head of Operation, Helo Indonesia.

Selain #DialogMusik, Helo juga menghadirkan #HeloMusicChart untuk mengintip daftar musik-musik lokal terbaik dari Helo yang diperbaharui setiap minggunya dan #RadarMusikHelo untuk melihat deretan musik lokal terbaru. Seluruh episode #DialogMusik akan dipublikasikan di akun Helo Juragan Hiburan, akun Helo AMI Awards, dan situs resmi AMI Awards www.ami-awards.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *